SOLOPOS.COM - Kepala Disdikpora DIY, Baskara Aji (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

UN 2017 tetap diberikan kepada siswa yang tengah tersandung hukum.

Harianjogja.com, JOGJA – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menyatakan tidak akan membawa soal Ujian Nasional (UN) ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) untuk memfasilitasi siswa yang ketika ujian berlangsung sedang  tersangkut kasus pidana akibat tindak kriminalitas.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan jika memang siswa yang sedang mendekam di penjara ingin ikut UN maka dia harus datang ke sekolah. Dinas tidak akan menggelar UN di dalam Lapas apalagi mengadakan ujian susulan bagi pelajar terpidana tindak kriminalitas itu.

“Kalau mau ikut UN ya biar datang ke sekolah diantar polisi. Terlalu repot bagi kami memfasilitasi UN di dalam penjara,” ujar Baskara Aji, Jumat (13/1/2017).

Apalagi, jelas Baskara Aji, UN nantinya akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan di Lapas hanya untuk memfasilitasi pelaku tindak kriminal.

“Sistem UNBK butuh server dan sarana penunjang lainnya, jadi terlalu ribet untuk melakukannya di dalam penjara,” jelasnya.

Dengan alternatif memakai lembar naskah pun juga enggan dilakukan. Baskara Aji mengaku terkendala dengan ketersediaan tenaga pengawas. Apalagi UN tidak selesai dalam satu hari.

Data di Disdikpora hingga saat ini beruntungnya tidak ada siswa kelas IX dan XII yang sedang tersangkut kasus pidana tindak kriminalitas berat. Sejumlah siswa yang menjadi tersangka kasus pembunuhan terhadap siswa SMA Muhammadiyah 1 Jogja, Desember lalu tidak ada satu pun yang duduk di bangku kelas akhir tingkatan sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya