SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Naskah UN SD JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Ilustrasi Naskah UN SD
JIBI/Harian Jogja/Antara

JOGJA-Enam armada mengantarkan soal Ujian Nasional untuk jenjang SD/MI dan sederajat dari Kantor Dikpora Daerah Istimewa Yogyakarta ke 68 sekolah yang menjadi unit pelaksana teknis di seluruh kota/kabupaten di wilayah tersebut.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

“Distribusi soal dilakukan setelah kami menerima soal dari percetakan. Soal untuk Ujian Nasional (UN) dicetak di Klaten dan Kudus. Kami sengaja tidak menurunkan soal, karena sudah mengecek kebenarannya saat diberangkatkan dari percetakan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) DIY Baskara Aji di Jogja, Sabtu (4/5).

Waktu yang disediakan untuk proses pencetakan soal UN untuk tingkat SD/MI dan sederajat adalah pada 24 April hingga 4 Mei, namun percetakan sudah mampu menyelesaikan penggandaan soal dalam waktu tiga hari.

Khusus untuk UN SD/MI dan sederajat, pelaksanaannya sudah dilakukan di daerah mulai dari penyusunan soal, pengandaan, dan nantinya pemindaian lembar jawab komputer.

Komposisi soal yang diujikan 75% dari daerah dan 25% dari pusat. “Dalam UN SD, hanya ada satu paket soal. Setiap siswa mengerjakan soal yang sama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya