SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

UNBK 2016 di Sleman akan digelar di 34 sekolah

Harianjogja.com, SLEMAN– Sebanyak 34 sekolah yang menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Sleman tahun ini dinyatakan siap melaksanakan ujian tersebut. Simulasi terakhir, simulasi pelaksaan UNBK digelar di SMKN 1 Godean Senin (28/3/2016).

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sleman Ery Widaryana menjelaskan, sekolah-sekolah peserta UNBK wajib melaksanakan simulasi. Ini dilakukan agar siswa terbiasa menjawab soal menggunakan komputer.

“Masing-masing sekolah melakukan simulasi sebanyak tiga kali. Ini dilakukan agar siswa familiar,” kata Ery di sela-sela kunjungan ke SMKN 1 Godean, Senin (28/3/2016).

UNBK tahun ini, katanya, diikuti oleh 34 sekolah. Meliputi 24 SMK, lima SMA dan lima SMP. Jenjang SMA dan SMP merupakan tahun pertama mengikuti UNBK. Sedangkan SMK bertambah enam sekolah, dari sebelumnya hanya 18 sekolah. Untuk kesiapan sarana, Ery memastikan seluruhnya memenuhi kelayakan mengikuti UNBK.

“Sekolah peserta UNBK bahkan menyiapkan genset untuk mengantisipasi padamnya listrik. Mereka juga mengantisipasi kendala teknis, dan menyiapkan cadangan server,” katanya.

Sementara, Kepala Sekolah SMKN 1 Godean Agus Waluyo mengatakan, untuk pelaksanaan UNBK pihaknya menyiapkan 102 unit komputer bagi 282 perserta. Dalam sehari, siswa yang mengikuti ujian dibagi tiga gelombang. Jika listrik padam atau server rusak maka secara otomatis mesin pencatat waktu berhenti. Komputer yang digunakan tidak ikut mati karena sudah terhubung dengan UPS.

“Kalau jaringan internet mati, kami antisipasi dengan sistem modem. Modem ini, cukup kuat untuk memfasilitasi jaringan internet satu ruang laboratorium,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya