SOLOPOS.COM - Siswa SMKN 3 Jogja saat melakukan simulasi pengerjaan soal UNBK di kelas K10, Sabtu (9/1/2016). (Joko Nugroho/JIBI/Harian Jogja)

UNBK 2016 di Jogja untuk SMP akan dilaksanakan dua tahap

Harianjogja.com, JOGJA-Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Jogja dinyatakan siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 dalam dua sesi.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja Edy Heri Suasana pada Senin (21/3/2016) mengatakan, sesungguhnya Disdik memberikan kesempatan kepada sekolah untuk melaksanakan ujian dalam tiga tahap.

Meski demikian, dengan pertimbangan karena khawatir siswa kelelahan apabila masuk UN pada pukul 14.00 WIB, maka sekolah berniat melangsungkan UN dalam dua sesi [tahap] saja. Hanya saja memang dibutuhkan jumlah komputer yang memadai untuk pelaksanaan UNBK dalam dua sesi ini.

“Untuk mendukung pelaksanaan, kami masih akan mengadakan lelang ulang untuk sejumlah komputer yang akan diperbantukan ke sekolah. Sekolah pelaksana UNBK telah meminjam laptop milik siswa mereka untuk pelaksanaan UNBK dua sesi ini,” terangnya.

Edy menambahkan, UNBK tingkat SMP di Kota Jogja diikuti oleh tiga sekolah, yakni SMP N 5 Jogja, SMP N 8 Jogja dan SMP Stella Duce 1. Pihak Disdik Kota Jogja menyatakan sejak awal tidak memaksakan kehendak kepada sekolah untuk menjadi pelaksana UNBK. Apabila sekolah belum siap, mereka bisa menyatakan menjadi pelaksana UN Paper Based Test (UN PBT) berbasis kertas.

“Tapi memang, UNBK memiliki potensi kecurangan nol persen dibanding UN PBT. Dengan prestasi kejujuran yang tinggi pada UN PBT, maka kita kemudian memutuskan melaksanakan UNBK,” ujarnya.

Waka Kurikulum SMP Negeri 5 Jogja Abdul Rahman mengungkapkan sekolah siap melaksanakan UNBK dalam dua sesi. Pihaknya mengakui masih membutuhkan pinjaman laptop dari siswa, untuk mendukung pelaksanaan UNBK.

Hingga saat ini, sudah ada 142 laptop siswa dipinjam, sekaligus diinstall program, untuk dapat digunakan dalam UNBK bagi 325 peserta UNBK. Sekolah juga telah memiliki enam server, lima server untuk lima ruang ujian, dan satu server cadangan.

“Dari sarana dan prasarana, kita sudah ready [siap],” ucapnya.

UNBK 2016 di DIY diikuti oleh 117 sekolah, terdiri dari 16 Sekolah Menengah Pertama, 43 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), 118 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). UNBK bagi SMA/MA akan berlangsung 4-12 April 2016, UNBK SMK akan berlangsung 4-7 April 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya