SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)

UNBK 2016 di Kulonproto menghadapi masalah listrik padam

Harianjogja.com, KULONPROGO -Listrik padam menganggu kelancaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari terakhir di SMA Negeri 1 Sentolo, Kulonprogo, Selasa (12/4/2016).

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Jaringan internet pun dikeluhkan melambat pada saat siswa mengerjakan materi listening mata ujian Bahasa Inggris.

Kepala SMA Negeri 1 Sentolo, Sugiyanto mengatakan, listrik padam pada sekitar pukul 08.00 WIB. Puluhan siswa yang mengikuti sesi pertama terpaksa menghentikan aktivitas mengerjakan soal. Mereka kemudian diminta tetap berada dalam ruang ujian dan menunggu selama hampir satu jam.

“Tidak ada hujan atau angin, listriknya mati. Saya konfirmasi ke PLN tapi tanggapannya lambat. Jam sembilan kurang baru menyala lagi,” ungkap Sugiyanto kepada Harianjogja.com, Selasa (12/4/2016).

Sugiyanto memaparkan, kejadian itu tidak membuat peserta kehilangan data soal yang sudah sempat digarap. Menurutnya, para siswa juga tidak tampak panik berlebihan dan masih bisa dikondisikan. Mereka bisa melanjutkan ke soal lain tanpa kena potongan waktu setelah komputer kembali dinyalakan.

Selain mati listrik pada sesi pertama, Sugiyanto juga mengeluhkan lambatnya jaringan internet saat siswa menghadapi materi listening.

Permasalahan itu bahkan berulang pada setiap sesi dan diperkirakan karena ukuran berkas audio yang terlalu besar. “Kayak susah diakses internetnya. Macet sehingga siswa tidak bisa mengerjakan,” ujar dia.

UNBK di SMA Negeri 1 Sentolo diikuti oleh 152 orang dan dibagi dalam tiga sesi. Idealnya, sesi ketiga berakhir pada pukul 16.00 WIB. Namun, insiden listrik padam dan lambatnya jaringan membuat waktu ujian mundur beberapa jam. “Seharusnya jam empat sore selesai ujian tapi ini nanti kira-kira bakal sampai jam tujuh malam,” kata Sugiyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya