SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

UNBK 2016 di sekolah yang memiliki siswa berkebutuhan khusus bisa mengubah ujian menggunakan kertas

Harianjogja.com, JOGJA-Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) atau sederajat yang menjadi pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang memiliki siswa berkebutuhan khusus, dapat mengubah sistem ujian menjadi berbasis kertas atau Ujian Paper Based Test (UN PBT).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora DIY) Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Disdikpora sudah menginventarisasi sekolah-sekolah yang memiliki siswa berkebutuhan khusus.

Nantinya, Disdikpora akan menyediakan beragam kebijakan khusus bagi peserta UN berkebutuhan khusus. Karena pada dasarnya pemerintah memberikan kesempatan bagi seluruh siswa untuk mengikuti UN dengan baik.

Bagi tunarungu dalam ujian tipe listening [mendengarkan] akan disediakan soal reading [membaca]. Sedangkan untuk peserta low vision mereka bisa dibacakan soalnya oleh pengawas atau guru pendamping. Dengan syarat mereka mengerjakan di sebuah ruangan, tidak bersama peserta yang lain.

“Nanti kan bisa, satu komputer ditaruh di ruangan, tinggal tarik kabel, dan siswa dibantu dibacakan soalnya, mereka tinggal mengklik jawaban soal,” terangnya, Rabu (16/3/2016)

Sementara itu, Hubungan Masyarakat SMA Budya Wacana Jogja Demas Marsudi menuturkan, ada satu peserta UNBK di sekolah yang memiliki kebutuhan khusus low vision. Sekolah memiliki keinginan agar nantinya soal bagi siswa tersebut akan dibacakan, dan yang bersangkutan memilih jawaban di komputer.

“Nanti kami akan menggunakan satu server baginya, dan siswa tersebut berada di ruang tertentu terpisah dari peserta lain,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya