SOLOPOS.COM - Siswa SMKN 3 Jogja saat melakukan simulasi pengerjaan soal UNBK di kelas K10, Sabtu (9/1/2016). (Joko Nugroho/JIBI/Harian Jogja)

UNBK 2016 disimulasikan di SMKN 3 Jogja

Harianjogja.com, JOGJA – Membiasakan siswa untuk ikut dalam ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Jogja menggelar simulasi bagi 563 siswanya. Mereka menggelar tiga sesi selama dua hari berturut-turut, Jumat (8/1/2016) dan Sabtu (9/1/2016).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Koordinator Pendamping Tes atau Proktor SMKN 3 Jogja, Imam Mahfudz mengatakan simulasi ini hanya untuk membiasakan siswa dari tujuh jurusan di SMKN 3 Jogja dalam UNBK. Simulasi ini lebih pada pengenalan aplikasi dan sistem pengerjaan.

“Soalnya kami ambil dari tahun-tahun lalu saja. Yang terpenting siswa terbiasa dengan program UNBK. Terlebih agar bisa mengatasi saat ada permasalahan teknis dan tidak panik,” kata Imam di ruang K10 SMKN 3 Jogja, Sabtu (9/1/2016).

Imam menambahkan di sini juga membiasakan agar siswa tidak berani untuk membuka aplikasi yang lain. Sebab komputer sudah dikunci lewat program UNBK. Beberapa yang hanya diperbolehkan hanya mouse dan beberapa isi dari keyboard saja.

“Biasanya siswa berpikir bisa mengutak-atik program lain. Jadi dengan demikian mereka akan dibiasakan untuk tidak mencoba mengutak-atik komputer karena memang sudah ada sistem lock. Bahkan fungsi keyboard dibatasi penggunaannya,” jelas Imam.

Imam mengaku sejauh ini kesiapan sudah mencapai 80%. Panitia saat ini tinggal menyiapkan insfrastruktur, khususnya penggantian perangkat yang memang kemarin ada beberapa yang kurang.

“Kami akan melakukan beberapa kali simulasi dan ditutup gladi bersih nantinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya