SOLOPOS.COM - Ilustrasi antikorupsi (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA- Kelompok mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggunakan soal cerita antikorupsi untuk menanamkan pendidikan karakter pada siswa.

Hal itu dilakukan anggota kelompok mahasiswa Fakultas MIPA UNY yang melakukan penelitian berjudul “Pembelajaran Bermakna melalui Soal Cerita Antikorupsi sebagai Pengaplikasian Pendidikan Karakter pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jogja”.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Mahasiswa yang melakukan penelitian terdiri Gamarina Isti Ratnasari, Dita Nur Syarafina dan Dianing Meijayanti.

“Soal cerita antikorupsi diharapkan dapat membawa pemikiran dan kebermaknaan dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari termasuk korupsi, sehingga jiwa antikorupsi dapat ditanamkan pada siswa sejak dini,” kata koordinator kelompok Gamarina Isti Ratnasari, Sabtu (5/10/2013).

Menurut dia, soal cerita antikorupsi merupakan soal yang disusun dalam bentuk cerita yang berhubungan dengan masalah kehidupan sehari-hari dan dapat diselesaikan melalui materi persamaan linier satu variabel oleh siswa.

“Perilaku korupsi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat dapat dihindarkan dengan perilaku sehari-hari juga, salah satunya dengan soal cerita antikorupsi yang menceritakan kehidupan sehari-hari,” katanya.

Ia mengatakan, soal cerita antikorupsi dapat membentuk sikap logis, kritis, dan kreatif karena siswa akan membutuhkan keterampilan untuk memahami, merencanakan, dan melaksanakan penyelesaian sehingga dapat menjadi memori yang mudah diingat dan lebih bermakna bagi siswa.

Pembelajaran bermakna melalui soal cerita antikorupsi sebagai pengaplikasian pendidikan karakter pada materi kelas VIII di SMP Negeri 1 Jogja membuat siswa semakin mudah dalam memahami materi persamaan linier satu variabel dan dapat dijadikan media pendidikan karakter dalam menanamkan jiwa antikorupsi.

“Lembar kerja siswa soal cerita antikorupsi dikategorikan baik (B) itu artinya lembar kerja siswa tersebut memiliki kelayakan untuk menanamkan pendidikan karakter pada materi persamaan linier satu variabel kelas VIII di SMP Negeri 1 Jogja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya