SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, SLEMAN-Unit Pelayanan Pengembangan (UPP) Perikanan Sembada Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Sleman dinobatkan sebagai juara pertama dalam Penilaian Kinerja Kelompok dan Kelembagaan Perikanan Budidaya Tingkat Nasional Tahun 2014 untuk kategori kelembagaan UPP.

“Manajemen pengelolaan kita dinilai konsisten sehingga bermanfaat bagi budi daya perikanan,” kata Ketua II UPP Perikanan Sembada, Saptono, Jumat (5/12/2014) pagi.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Saptono menambahkan, kesuksesan UPP Perikanan Sembada juga didukung berbagai inovasi yang telah dikembangkan.

“Yang paling penting, kita datang saat dibutuhkan masyarakat. Misal, jika ada yang butuh bantuan modal, kami ada program Dana Penguatan Modal [DPM] tanpa agunan. Ada yang kesulitan soal pakan, kami pun bisa bantu,” papar pria 47 tahun tersebut.

Soal DPM, Saptono memaparkan, selama 12 tahun terakhir, nilai DPM yang sudah dimanfaatkan mencapai Rp21,63 miliar. Sementara tunggakan yang masih tersisa sekitar Rp475 juta.

Tunggakan tersebut tetap bisa dikendalikan hingga kurang dari 5% meskipun hanya bermodal rasa percaya dan tanggungjawab. “Data terakhir menunjukkan tunggakan kami hanya 2,2 persen,” ucap Saptono.

Meski demikian, Saptono tidak mau tinggi hati atas prestasi ini. “Peran kami masih sedikit, belum mencakup seluruh Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI). Kami hanya salah satu solusi bagi masyarakat,” ungkapnya.

Saptono menambahkan, pihaknya telah memasang target lanjutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengembangan lembaga. “Kami ingin mengembangkan usaha ini, tapi tetap mengikuti kebutuhan masyarakat, khususnya anggota,” kata dia yang juga aktif sebagai pengelola Desa Wisata Ngremboko di Dusun Bokesan, Sindumartani, Ngemplak.

“Prestasi ini adalah awal dari tantangan. Mungkin dua bulan ke depan kami akan lakukan studi banding lagi demi mengembangkan UPP Perikanan Sembada,” imbuhnya kemudian.

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Sleman, Supramono mengungkapkan, penghargaan bagi UPP Perikanan Sembada diserahkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, pada puncak acara Adibakti Mina Bahari di Jakarta, Kamis (4/12/2014) malam.

Atas pencapaian tersebut, UPP Perikanan Sembada berhak atas uang pembinaan sebesar Rp25 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya