SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi pelajar. (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, JOGJA – Vaksinasi untuk pelajar di Kota Jogja diperkirakan selesai pada 4 September 2021. Per 30 Agustus 2021, sudah ada 17.605 pelajar yang mendapat vaksin dosis pertama. Sementara yang belum mendapat vaksin sekitar 20.829 pelajar.

Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, pelajar dalam hal ini mencakup tingkat SMP, SMA, SMK, dan Madrasah. Meski capaian vaksinasi pelajar di Kota Jogja selesai awal September, belum ada keputusan terkait waktu pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM).

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

“Kalau untuk uji coba atau simulasi, kami sudah lakukan semuanya dan berhasil. Tapi tunggu kondisi memungkinkan atau tidak untuk laksanakan PTM ke depan,” kata Heroe, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Ayo Manfaatkan, Pemkot Jogja Sediakan Vaksinasi Rabies Gratis

Secara kesiapan, semua fasilitas di sekolah sudah terpenuhi. Persiapan sudah dilakukan sejak Januari 2021. Selain pelajar, tenaga pendidik juga sudah mendapat vaksin.

“Untuk PTM tergantung kondisi, capaian vaksin dan kondisi umum seperti kasus Covid-19, apakah sudah memungkinkan atau belum,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja. “Untuk sekolah tidak mudah karena ada [pelajar] dari daerah lain.”

Menurut Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, salah satu syarat PTM yaitu capaian vaksinasi untuk pelajar minimal 70%. Beberapa waktu sebelumnya, Pemkot Jogja membuka sentra vaksinasi untuk pelajar di BPD DIY. Ada pula vaksinasi massal di sekolah-sekolah yang melibatkan berbagai pihak dalam penyelenggaraannya, termasuk alumni.

Baca Juga: Menuju PTM, 75 Persen Santri di Kota Jogja Telah Divaksin

“Kami apresiasi kepada para alumni sudah merespons seiring percepatan kami terhadap vaksinasi kota. Pelajar ini juga penting, ketika sudah semuanya tervaksin, menjadi awal berbicara mengenai sekolah tatap muka,” kata Haryadi.

Haryadi menganggap penting PTM. Meski materi pemberian materi pelajaran bisa secara daring, namun pelajaran sosial dan budaya tidak bisa secara daring. Sehingga PTM tetap perlu untuk pelajar.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat, Cermati Saham-Saham Berikut

IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat, Cermati Saham-Saham Berikut
author
Anik Sulistyawati Kamis, 2 Mei 2024 - 07:52 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi investor memantau pergerakan saham di pasar modal. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan bergerak menguat pada perdagangan, Kamis (2/5/2024) hari ini.

Analis memperkirakan data inflasi akan memberikan sentimen positif ke gerak IHSG. CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG berpotensi menguat setelah berhasil menembus resisten levelnya pada beberapa waktu yang lalu. Dia memperkirakan IHSG akan bergerak pada rentang 7.123-7.272 hari ini.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

“Hari ini juga akan terdapat rilis data perekonomian tingkat inflasi yang disinyalir masih akan berada dalam kondisi stabil,” tulis William dalam risetnya, Kamis (2/5/2024) seperti dilansir Bisnis.com.

Dia melanjutkan, inflasi yang stabil diharapkan akan memberikan sentimen terhadap pola gerak IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Akan tetapi, lanjutnya, di sisi lain masih terjadinya fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas tetap perlu diwaspadai oleh para investor. Dia pun memperkirakan IHSG berpeluang menguat terbatas. Beberapa saham yang menjadi top picks Yugen Bertumbuh Sekuritas adalah ASII, BBCA, BBRI, ITMG, SMGR, AKRA, BSDE, dan TBIG.

Koran Solopos

Meski begitu, laju IHSG pada Mei ini berisiko terhambat oleh sejumlah sentimen, salah satunya adalah fenomena sell in May. Fenomena Sell in May and Go Away mengacu pada strategi investor mengurangi porsi saham pada Mei, misalnya, para investor asing meninggalkan pasar saham untuk pergi berlibur selama musim panas, lalu masuk kembali ke pasar saham pada November.

Sebagai informasi, IHSG melemah 0,53% ke posisi 7.234,19 secara year-to-date (ytd) per Selasa (30/4/2024). IHSG tertekan di antara bursa Asia Tenggara lainnya yang menguat sepanjang tahun ini.

Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani mengatakan, jika berkaca pada data historis sejak Mei 2013 atau selama 10 tahun terakhir, fenomena pelemahan IHSG akibat fenomena sell in May tidak selalu terjadi.

“Belum terbukti sell in May and go away akan terjadi berdasarkan data historis, hanya 60% sejak 10 tahun terakhir IHSG mengalami kinerja yang negatif dan itu lebih dipengaruhi dari kondisi pasar dan ekonomi pada saat itu, bukan karena fenomena tersebut,” jelas Arjun kepada Bisnis. Kendati demikian, menurutnya sebelum akhir kuartal II/2024, IHSG masih ada potensi rebound menjelang musim pembayaran dividen mulai dari pekan ketiga Mei hingga akhir kuartal.

Proyeksi tersebut seiring dengan rilis laporan keuangan mayoritas emiten big cap yang diekspektasikan akan mencetak laba yang memadai dan tumbuh positif karena kondisi bisnis domestik yang masih kuat dan kondusif.

“IHSG dari level terkini menurut saya bisa rebound sebelum akhir kuartal II/2024. Target forecast untuk level penutupan IHSG per akhir Juni 2024 antara kisaran 7.260 hingga 7.300,” jelasnya.

Emagazine Solopos

Alhasil, Arjun merekomendasikan sejumlah saham pilihan di berbagai sektor. Misalnya, di sektor telekomunikasi ada saham TLKM, ISAT, dan EXCL. Kemudian, di sektor energi ada INCO, PGAS, MEDC, dan ADRO.

“Sementara itu untuk sektor perbankan, kami merekomendasikan BBRI, BMRI, BBCA, BBNI dan BRIS,” jelas Arjun.

Sementara itu, Phintraco Sekuritas menuturkan sentimen terhadap IHSG akan datang dari The Fed yang akan melakukan pertemuan FOMC. FOMC ini dilakukan The Fed pada tanggal 1-2 Mei 2024.

“Sehingga sentimen pasar dan arah IHSG pada perdagangan Kamis akan dipengaruhi oleh hasil serta proyeksi yang diumumkan dalam pertemuan FOMC tersebut,” kata Phintraco Sekuritas.

Sebelumnya IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa sore ditutup menguat di tengah pelaku pasar sedang bersikap wait and see pertemuan The Federal Open Market Committee (FOMC) The Fed.

IHSG ditutup menguat 78,42 poin atau 1,10 persen ke posisi 7.234,20. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 11,37 poin atau 1,24 persen ke posisi 926,72.

“Bursa regional Asia menguat, alhasil mendukung IHSG lanjutkan di zona positif,” kata Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Selasa (30/4/2024) seperti dilansir Antara.

Interaktif Solopos

Dari mancanegara, katalis positif seiring dengan menguatnya bursa Amerika Serikat (AS) yang didukung oleh kinerja perusahaan yang positif dan juga laporan aktivitas manufaktur China yang tetap di jalur ekspansi.

National Bureau of Statistics of China melaporkan aktivitas pabrik China meningkat lebih cepat dari perkiraan prediksi pasar pada April 2024, dimana PMI Manufaktur berada di 50,4 dibandingkan dengan perkiraan konsensus pasar 50,3.

Sehingga, pasar menilai ekspansi aktivitas manufaktur di tengah upaya berkelanjutan dari Beijing untuk memacu peningkatan ekonomi.

Lebih lanjut, pelaku pasar sedang mencermati pertemuan The Federal Open Market Committee (FOMC) bank sentral AS The Fed pada Rabu (30/4) dan Kamis (1/5) pekan ini.

Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, sembilan sektor meningkat dipimpin sektor transportasi & logistik yang naik 2,10 persen, diikuti sektor energi dan sektor barang baku yang masing-masing naik sebesar 1,61 persen dan 1,37 persen.

Sedangkan dua sektor terkoreksi yaitu sektor infrastruktur turun paling dalam minus 0,18 persen, diikuti sektor barang konsumen non primer yang minus 0,11 persen.

Saham-saham yang mengalami penguatan terbesar yaitu HILL, PGAS, MHKI,DOOH dan BTPS. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar yakni WIKA, SURI, ELTY, PBRX dan IOTF.



Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.151.714 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,19 miliar lembar saham senilai Rp15,98 triliun. Sebanyak 351 saham naik, 226 saham menurun, dan 202 tidak bergerak nilainya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

AlliSya LegacyMax, Solusi Mudah Generasi Muda Siapkan Warisan Sejak Dini

AlliSya LegacyMax, Solusi Mudah Generasi Muda Siapkan Warisan Sejak Dini
author
Anik Sulistyawati Kamis, 2 Mei 2024 - 07:37 WIB
share
SOLOPOS.COM - (Dari kiri ke kanan) Direktur Allianz Life Syariah Indonesia, Jazilah Firdaus; Direktur Allianz Life Syariah Indonesia,Vinny Rika Anwar; Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana; public figure, pebisnis, dan seorang ayah, Haykal Kamil; Country Chief Product Officer Allianz Life Indonesia, Himawan Purnama; dan Head of Product Marketing & Development Allianz Life Syariah Indonesia Rina Triana, berfoto bersama pada konferensi pers peluncuran AlliSya LegacyMax, di Jakarta Selasa (30/4/2024).(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Allianz Syariah secara resmi mengenalkan produk terbaru AlliSya LegacyMax sebagai solusi mudah untuk generasi muda mempersiapkan warisan sejak dini.

Hal ini dilakukan karena generasi muda di Indonesia, khususnya keluarga muda yang masuk dalam generasi milenial, sudah memiliki kesadaran lebih tinggi akan pentingnya perencanaan keuangan seiring dengan tantangan finansial yang mereka hadapi.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Berdasarkan Indonesia Millenial Report 2024 yang dikeluarkan oleh IDN Research Institute, sebanyak 38 persen milenial sudah mulai rutin menyusun anggaran bulanan dan disiplin terkait penggunaannya dan 50 persen milenial ini masuk pada kategori sandwich generation, yang bertanggung jawab pada kebutuhan keluarga kecilnya dan juga orang tuanya.

Koran Solopos

Riset ini juga menunjukkan pendapatan yang diterima oleh generasi muda sebagian besar dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga 45 persen milenial dalam survei tersebut hanya dapat mengalokasikan kurang dari 10 persen dari total alokasi pengeluaran untuk asuransi dan kesehatan.

Meski milenial cukup memahami risiko di masa depan, terdapat halangan bagi mereka untuk mempersiapkan keuangan di masa mendatang melihat dari tidak seimbangnya pendapatan dengan tuntutan hidup saat ini.

Melihat tantangan yang dimiliki oleh generasi muda dalam mencapai kestabilitasan secara finansial khususnya di masa depan, PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) berkomitmen untuk menghadirkan solusi keuangan yang dapat dijangkau generasi mudaserta dapat membantu mereka dalam meraih masa depan yang terjamin.

Emagazine Solopos

Untuk itu, Allianz Syariah menghadirkan AlliSyaLegacyMax, sebuah solusi persiapan finansial dalam bentuk warisan yang mampu memberikan ketenangan pikiran bagi keluarga yang ditinggalkan. Dengan memiliki persiapan warisan sedini mungkin, perlindungan dan manfaat yang diterima di masa depan akan semakin maksimal untuk didapatkan dan perencanaan semakin terjamin untuk diraih.

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana menyampaikan Allianz Life Syariah memberikan inovasi layanan dan produk proteksi kelas dunia yang disesuaikan dengan kebutuhan, berangkat dari tantangan yang dihadapi, khususnya para keluarga muda.

“Sesuai dengan semangat kami Berbagi Kebaikan yang Menguatkan,kami menjangkau setiap orang untuk mendapatkan pilihan perlindungan yang menyeluruh sekaligus meneruskan nilai berbagi kebaikan tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga bagi keluarga dan sesama umat untuk hidup berdampingan, saling tolong menolong, dan saling melindungi. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai utama yang kami junjung universal, trustworthy, security, fairness, dan collaborative,“ ujar Permana dalam keterangan tertulis.

Interaktif Solopos

Meningkatnya kesadaran generasi muda atas perencanaan keuangan khususnya untuk masa depanturut menjadi perhatian Allianz Syariah.Untuk itu Head of Product Marketing& Development Allianz Life Syariah Indonesia RinaTriana mengatakan guna mendukung kebutuhan tersebut, Allianz Syariah menyiapkan AlliSya LegacyMax yang dapat dicicil dari muda hingga ketika masa tua nanti dapat memberikan santunan asuransi sebagai warisan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Terlebih lagi, pada produk ini terdapatmanfaat hidup yang nilainya dapat digunakan peserta di saat masih hidup untuk berbagai kebutuhan untuk mencapai rencana serta impian keluarga di masa depan.

Prinsip Hidup Halal

Perencanaan finansial di kalangan generasi muda ini salah satunya juga disampaikan oleh Haykal Kamil, seorang public figure, pebisnis, dan juga seorang ayah muda yang menjadi gambaran dalam tren di generasinya. Sebagai kepala keluarga, Haykal selalu memberikan yang terbaik untuk memenuhi kehidupan keluarga kecilnya dengan mengutamakan prinsip gaya hidup halal, tidak terlepas pada perencanaan keuangan yang telah dirancangnya saat ini.

“Keluarga tentunya akan selalu menjadi prioritas utama bagi saya untuk memberikan dan mempersiapkan yang terbaik.Sebagai seorang ayah, saya sudah mulai memperhatikan bagaimana putri kecil saya telah memiliki impiannya di masa depan. Untuk itu, keinginan dalam menjaga dan mewujudkan impiannya itu menjadi bagian penting bagi saya untuk mempersiapkan persiapan finansial yang matang, khususnya dengan mengandalkan instrumen keuangan yang mengedepankan nilai syariah,“ ucap Haykal saat menghadiri peluncuran AlliSya LegacyMax,30 April 2024.



AlliSya LegacyMax merupakan komitmen Allianz Syariah untuk terus memaksimalkan persiapan finansial yang dapat mendukung tercapainya impian di masa depan. Rina Triana turut menambahkan bahwa produk yang dihadirkan ini memiliki nilai lebih lewat fitur-fitur yang menguntungkan dan berdasar pada tiga prinsip kebaikan dalam menjalankan amanah, yaitu dengan kontribusi lewat dana tabarru‘, dana tanahud, dan Wakaf.

Dari segi persiapan finansial keluarga, AlliSya LegacyMax memberikan perlindungan finansial hingga pihak yang diasuransikan mencapai usia 120 tahun. Dengan AlliSya LegacyMax, peserta mampu memperoleh ekstra perlindungan dengan total manfaat santunan hingga 150%.

Dengan beragam fitur yang terdapat dalam AlliSya LegacyMax, maka produk ini dapat menjadi solusi perlindungan yang menambah ketenangan seseorang tanpa perlu khawatir akan berkurangnya nilai warisan yang dimiliki keluarga seiring dengan berkembangnya inflasi di tengah pertumbuhan keluarga.

Selain dapat memproteksi keadaan finansial dari risiko meninggal dunia, AlliSya LegacyMax yang berdasar pada prinsip syariah jugamemiliki keunggulan dengan nilai kebaikan yang tujuannya adalah untuk memaksimalkan wujud kebaikan setiap orang semasa hidupnya dalam menjalankan amanah berbagi kebaikan kepada saudara sesama hingga akhir hayatnya. Hal ini diwujudkan lewat pembagian porsi kontribusi yang dibayarkan melalui dana tabarru.

Tabarru merupakan kumpulan dana atau hibah yang telah dilakukan oleh peserta asuransi syariah dengan tujuan saling menolong satu sama lain. Hasil dari dana tabarru yang telah dikumpulkan oleh banyak peserta nantinya akan digunakan ketika salah satu peserta yang terkena risiko.

Selain itu, peserta juga bisa mendapatkan manfaat hidup yang mulai bisa ditarik dananya dari akhir tahun polis ke-15 atau ke-25, bergantung pada usia pihak yang diasuransikan pada tanggal polis mulai berlaku. Manfaat hidup sendiri merupakan penerapan dari konsep Dana tanahud, yang fatwanya baru dikeluarkan oleh DSN MUI pada akhir 2023. Allianz Syariah berinovasi secara cepat untuk mendukung penerapan fatwa ini untuk memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Manfaat hidup ini bisa digunakan oleh peserta selagi masih ada untuk berbagai kebutuhan pribadi maupun keluarga, seperti tambahan untuk biaya ibadah (umrah/haji), tambahan untuk biaya pensiun, atau juga tambahan untuk biaya lain terkait anak seperti pendidikan atau menikah. Peserta juga bisa menggunakannya untuk berbagi kebaikan bagi sesama melalui donasi atau sumbangan.

Prinsip berbagi kebaikan yang lebih luas juga diwujudkan dengan tersedianya fitur wakaf dalam produk AlliSya LegacyMax. Ini merupakan bagian dari upaya Allianz Syariah untuk memberikan sarana yang mendukungpeserta asuransinya dalam berbagi kebaikan hingga akhir hayat kepada masyarakat yang lebih luas.

Untuk kian memudahkan peserta mewujudkan semua nilai kebaikan dalam AlliSya LegacyMax, tersedia pilihan masa pembayaran kontribusi yang fleksibel dan dapat dipilih sesuai kebutuhan peserta. Mulai dari pilihan pembayaran kontribusi secara tunggal hingga berkala selama 5, 10, atau 15 tahun. Dengan adanya pilihan fitur yang tersedia, Allianz Syariah menyediakan kemudahan bagi peserta untuk berbagi semangat kebaikan yang menguatkan bagi sesamanya.

“Allianz Syariah kerap berinovasi agar produk asuransi yang kami hadirkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat secara relevan dengan tidak hanya mendukung persiapan finansial, namun mendukung upaya peserta asuransi dalam menjalankan amanah yang membawa manfaat kebaikan di sepanjang hidupnya. Kami berharap agar AlliSya LegacyMax menjadi wadah yang tepat untuk mewujudkan semangat kami yang sesuai dengan nilai-nilai kebaikan demi mendukung kehidupan satu sama lain antarpeserta,” jelas Permana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Tenggak Miras, 15 Suporter PSS Sleman Digelandang Polisi Solo

Tenggak Miras, 15 Suporter PSS Sleman Digelandang Polisi Solo
author
Kurniawan , 
Ahmad Mufid Aryono Kamis, 2 Mei 2024 - 06:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Belasan suporter PSS Sleman saat diamankan di Mapolresta Solo, Selasa (30/4/2024) sore. (Istimewa/Humas Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO–Belasan suporter PSS Sleman gagal menyaksikan pertandingan tim kebanggaan mereka di Stadion Manahan Solo, Selasa (30/4/2024) sore.

Mereka harus digelandang aparat kepolisian ke Mapolresta Solo. Mereka kedapatan membawa dan meminum minuman keras di sekitar lokasi parkir Stadion Manahan.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Laga sore itu mempertemukan PSS Sleman dengan Persib Bandung dan merupakan pertandingan terakhir Liga 1 di Stadion Manahan. Polisi menangkap 15 suporter yang kedapatan membawa dan mengkonsumsi Miras di sekitar lokasi parkir Stadion Manahan.

Koran Solopos

“Sebanyak 15 suporter PSS Sleman ketahuan membawa dan mengkonsumsi minuman keras saat hendak menyaksikan laga terakhir tim PSS Sleman versus Persib Bandung. Sehingga kami amankan ke Mapolresta Solo untuk mengantisipasi hal tak diinginkan,” ujar Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi, Rabu (1/5/2024).

Iwan menjelaskan 15 suporter yang diamankan terdiri atas 11 laki-laki dan empat perempuan. Di Mapolresta Solo mereka didata dan diminta membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya.

“Kami lakukan pendataan dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. Setelah pertandingan selesai mereka boleh pulang kembali ke asalnya,” jelas Iwan.

Emagazine Solopos

Dia menyayangkan masih adanya suporter yang belum mengindahkan peraturan terkait pertandingan di Stadion Manahan Solo. Sehingga, dengan terpaksa polisi mengambil tindakan tegas.

“Upaya ini kami lakukan, untuk mengantisipasi gangguan terhadap penonton yang lain. Terkait personel yang dikerahkan, kami kerahkan tim gabungan sebanyak 596 personel baik dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub Kota Solo,” jelas Iwan.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories