SOLOPOS.COM - Foto tangkapan layar, seorang warga di Kalurahan Banaran, Playen, Gunungkidul berusaha menangkap buaya di aliran Kali Oya pada Sabtu (1/4/2023) - IG

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Video tentang seorang pria berupaya menangkap seekor buaya di Kali Oya, kawasan hutan Wanagama, Kalurahan Banaran, Playen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, viral di media sosial. Namun, seekor buaya itu akhirnya gagal ditangkap dan kembali ke sungai.

Peristiwa penangkapan buaya itu dibenarkan oleh aparat kepolisian dari Polsek Playen.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Dalam video berdurasi 10 detik yang tersebar di media sosial itu, seorang pria berusaha menangkap buaya dengan menggunakan kaos. Rencananya, kaos tersebut akan digunakan untuk menutupi bagian mata sehingga buaya itu bisa lebih mudah ditangkap.

Namun, usaha tersebut tidak membuahkan hasil. Buaya tersebut kembali ke sungai.

Kapolres Playen, AKP Sigit Teja Sukmana, mengatakan video seorang pria berupaya menangkap seekor buaya memang benar terjadi di wilayahnya. Lokasinya tepat berada di sisi timur Jembatan Merah di kawasan hutan Wanagama, Kalurahan Banaran, Playen.

“Upaya penangkapan buaya dilakukan pada Sabtu [1/4/2023] sore, tapi tidak berhasil,” kata Sigit kepada wartawan, Minggu (2/4/2023).

Dia menjelaskan, warga yang berusaha menangkap buaya diketahui bernama Triyono yang ditemani oleh Ferdy. Peristiwa ini bermula dari kabar tentang penampakan buaya di timur Jembatan Merah pada Jumat (31/3/2023).

Keduanya berusahan membuktikannya dengan mendatangi lokasi dan melihat buaya yang berada di pelataran bebatuan. Triyono pun berusaha menangkapnya, tapi tidak berhasil.

“Setelah itu, keduanya langsung melaporkan ke Polsek. Dari keterangan yang diberikan, panjang buaya sekitar 1,5 meter,” kata Sigit.

Ia mengimbau kepada masyarakat berhati-hati pada saat beraktivitas di aliran Kali Oya. Untuk penangkapan, sudah dilakukan koordinasi dengan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY guna menemukan dan menangkap buaya tersebut.

“Mudah-mudahan bisa segera tertangkap sehingga warga dapat beraktivitas dengan tenang,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Viral! Buaya 1,5 Meter Muncul di Kali Oya Gunungkidul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya