SOLOPOS.COM - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjawab pertanyaan awak media di Yogyakarta, Selasa (22/8/2023). ANTARA/Luqman Hakim.

Solopos.com, JOGJA — Muncul wacana menduetkan antara Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024. Terkait wacana itu akan disampaikan kepada Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawai Soekarnoputri.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Kota Jogja, Selasa (22/8/2023).

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Hasto menyampaikan telah meminta pandangan Megawati terkait duet Ganjar dengan Anies yang sebelumnya dilontarkan oleh Ketua DPP PDIP Said Abdullah tersebut. Anies Baswedan merupakan bacapres dari Koalisi Perubahan yang diusung tiga partai politik, yaitu Partai Demokrat, Partai NasDem, dan PKS.

“Jadi itu disampaikan oleh Pak Said, tetapi tadi saya juga meminta penjelasan Ibu ketua umum bahwa itu adalah ranah dari ibu ketua umum dan sampai saat ini belum diputuskan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo,” kata dia yang dikutip dari Antara.

Hasto mengatakan sosok yang akan menjadi calon wakil presiden mendampingi Ganjar tidak hanya ditentukan berdasarkan tingkat elektoral semata, melainkan dilihat kemampuan teknokratiknya pula.

“Kesesuaian terhadap ideologi, sejarah perjuangan bangsa, pemahaman terhadap komitmen fakir miskin dan anak telantar dipelihara negara, itu menjadi suatu hal yang sangat penting,” ujar Hasto.

Tidak kalah penting, menurut dia, pendamping Ganjar harus dipastikan memiliki komitmen kuat terhadap keberagaman demi persatuan Indonesia.

“Tidak punya rekam jejak yang bertentangan dengan prinsip-prinsip tersebut itu,” kata dia.

Sementara itu, saat ditanya soal kesesuaian karakter Anies Baswedan mendapingi Ganjar, Hasto menegaskan bahwa hal tersebut nantinya akan disampaikan oleh Megawati.

“Akan disampaikan oleh ibu ketua umum setelah berdialog dengan ketua umum partai lain pada momentum yang tepat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya