SOLOPOS.COM - Ilustrasi tahanan kabur. (Antara)

Solopos.com, SLEMAN — Satu Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Sleman atau Lapas Cebongan kabur pada Kamis (10/2/2022). Ia diduga melarikan diri saat membantu petugas membuat pos pengamanan.

Kepala Lapas Kelas IIB Sleman, Kusnan, menjelaskan WBP yang melarikan diri dari Lapas Cebongan, JN, tercatat sebagai warga Temanggung, Jawa Tengah. JN kabur pada Kamis (10/2/2022) pukul 11.33 WIB.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

“Kejadian kemarin hari Kamis sekitar jam 11.48 WIB. Itu baru ketahuan [jam 11.48 WIB]. Dari CCTV [terlihat] pukul 11.33 WIB,” ujarnya, Jumat (11/2/2022).

Baca Juga : TAHANAN KABUR : Lapas Cebongan Tidak Penuhi Standar

Kusnan menuturkan JN kabur saat sedang membantu petugas membuat pos pengamanan. Pos pengamanan terletak di halaman dalam lapas.

JN diduga memanfaatkan kelengahan petugas dan melarikan diri. Meski demikian, ia menegaskan kegiatan itu sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP).

“Petugas sudah dengan SOP, yaitu dua orang petugas mengawal. Namun demikian karena memang mungkin yang bersangkutan sudah ada rencana sehingga ketika lengah petugas itulah yang bersangkutan melarikan diri,” jelasnya.

Baca Juga : TAHANAN KABUR : 5 Tahanan Lapas Cebongan Kabur

Ketika jam istirahat, lanjutnya, JN meminta izin ke kantin di dalam lapas. Jarak dari halaman tempat pembuatan pos pengamanan ke kantin sekitar 20 meter. Namun, bukan ke kantin, JN justru kabur.

Berdasarkan pemeriksaan CCTV, JN melarikan diri dibantu seorang rekannya di luar lapas. Rekan JN sudah menjemput menggunakan sepeda motor. Dari rekaman CCTV juga diketahui rekan JN seorang perempuan. Setelah berhasil keluar, keduanya kabur ke arah utara.

JN tersangkut kasus Pasal 351 KUHP yaitu penganiayaan. JN harus dipenjara selama dua tahun enam bulan. Saat ini, JN sudah menjalani hukuman satu tahun lebih. Menurutnya, JN juga memiliki keahlian pertukangan dan rajin sehingga petugas Lapas sering memintanya bekerja bangunan.

Baca Juga : TAHANAN KABUR BOYOLALI : 1 Narapidana Melarikan Diri dari Rutan Boyolali

“Sampai saat ini tim kami sedang bergerak menuju titik-titik yang sudah kami investigasi, baik [informasi] dari polisi juga. Atas bantuan polisi kami juga bergerak sampai saat ini. Kami bertekat menangkap yang bersangkutan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya