SOLOPOS.COM - Ribuan warga merayah gunungan di pelataran Masjid Gedhe Kauman, Kamis (29/6/2023). - Istimewa

Solopos.com, JOGJA — Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Jogja kembali menggelar Garebek Besar untuk memeriahkan perayaan Iduladha 1444 Hijriah pada Kamis (29/6/2023). Ribuan orang menyaksikan gelaran budaya setahun sekali ini.

Saat gelaran Gerebek Besar, satu prosesi yang ditunggu-tunggu masyarakat adalah berebut gunungan yang disediakan pihak Keraton di Masjid Gedhe Kauman. Namun, saat sedang asyik berebut gunungan, sejumlah warga justru mengalami kecopetan.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Seorang pengunjung dari Depok, Jawa Barat, Sakinah, mengatakan dirinya menjadi korban pencopetan saat sedang berebut gunungan. Saat itu, dirinya sedang berebut gunungan dan posisi tasnya dlaam keadaan tertutup. Kemudian setelah berebut gunungan, dia baru menyadari tasnya dalam kondisi terbuka. Saat itu, dia baru sadar isi tasnya telah raib.

“Yang hilang ada ponsel sam satu dompet. Di dompet ada KTP, ATM, BPJS, uang,” kata dia seusai Gerebek Besar di Masjid Gedhe Kauman.

Bukan hanya Sakinah, pengunjung lain yang juga menjadi korban pencopetan itu ada Sri Ginanti. Warga Gunungkidul itu mengaku kehilangan dua unit ponsel saat sedang mengikuti prosesi berebut gunungan. Dia mendapati kedua ponselnya hilang setelah ikut berebut gunungan.

“Tadi ke sana [rayahan gunungan] saat uyuk-yukan [berdesak-desakan], lalu ponsel dua-duanya di tas. Tasnya sudah digendong di depan,” katanya.

Kedua warga tersebut mengaku diminta oleh pihak kepolisian yang sedang berjaga mengamankan prosesi gunungan untuk melaporkan kejadian tersebut ke polsek terdekat. Hingga berita ini diterbitkan pihak kepolisian masih belum memberikan keterangan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Asyik Nonton Garebeg Besar, Sejumlah Warga Kecopetan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya