SOLOPOS.COM - Bibit tanaman (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Kehutanan dan Perkebunan Daerah Istimewa Yogyakarta meminta masyarakat di daerah ini melestarikan hutan tanaman rakyat dengan memprioritaskan menanam tanaman serbaguna.

Kepala Seksi Konservasi dan Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Niken Aryati mengatakan tanaman serbaguna terbukti efektif mendukung perluasan hutan tanaman rakyat di Indonesia, karena masyarakat dapat langsung menuai hasilnya.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

“Dengan menanam tanaman serbaguna, maka masyarakat bisa langsung menuai hasilnya tanpa menebang pohon, sehingga orientasinya bukan hanya melestarikan hutan rakyat, namun juga memperbaiki taraf ekonomi masyarakat,” kata dia.

Menurut Niken, tanaman serbaguna yang direkomendasikan untuk dikembangkan oleh masyarakat misalnya pohon nangka, durian, sukun, alpukat, jambu, serta melinjo.

“Selain bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan kayu, juga bisa memanfaatkan daun-daunan sebagai pakan ternak, serta buah-buahan untuk dijual tanpa menebang pohonnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya