SOLOPOS.COM - Warga sedang menggali sumur bor. Upay aini untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Dusun Mengger, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, beberapa waktu lalu. (Harian Jogja/JIBI/Khusnul Isti Qomah)

Warga sedang menggali sumur bor. Upaya ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Dusun Mengger, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, beberapa waktu lalu. (Harian Jogja/JIBI/Khusnul Isti Qomah)

GUNUNGKIDUL—Warga Padukuhan Mengger, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan menyambut baik pengeboran sumur bantuan dari Badan Geologi Bandung. Mereka berharap sumur tersebut bisa menjadi sumber air tawar yang melimpah.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Salah satu warga Mengger, Achid Sugiyarto mengatakan pihaknya sangat senang dengan pengeboran sumur untuk keperluan air minum warga Mengger. Ia pun berharap debit air yang keluar dari sumur yang masih dalam tahap pengeboran tersebut cukup besar dan bisa memenuhi kebutuhan air warga.

“Kalau sumurnya sudah jadi kan bisa dimanfaatkan untuk warga. Tentu saja saya senang dan mendukung. Semoga saja debit airnya besar jadi bisa dimanfaatkan warga dusun bahkan warga di sekitarnya,” papar dia kemarin.

Joko Sungkono dari pihak pelaksana mengatakan, tahun ini Badan Geologi Bandung memberikan bantuan senilai Rp2,7 miliar untuk membuat sumur di 10 titik di Wonogiri dan DIY. Setiap titiknya dibiayai sekitar Rp270 juta. Biaya tersebut sudah termasuk untuk biaya pengeboran, reservoir, genset, rumah genset dan pompa air.

“Kami menentukan titik yang memiliki aquifer dan di Mengger merupakan salah satunya. Kami akan mengebor hingga mencapai kedalaman 120 meter. Kalau debit airnya melimpah, bisa juga dimanfaatkan dari daerah di sekitarnya. Tapi kami lihat dulu nanti,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala  Bidang ESDM Disperindakop ESDM, Pramuji Kuswandono mengaku setelah mendapat usulan dari warga, maka pihak ESDM menindak lanjuti hal tersebut. Dengan bantuan dari Badan Geologi Bandung tersebut diharapkan kebutuhan air warga bisa dipenuhi.

“Selama ini Gunnungkidul terkesan merupakan daerah yang susah air, padahal setelah dilakukan ter geolistrik di beberapa tempat, banyak ditemukan daerah aquifer yang memiliki kandungan air yang bersifat ekonomis. Kami ingin menghapuskan kesan sulit air di Gunungkidul,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya