SOLOPOS.COM - Warga Dusun Namberan tengah bergotong royong membangun pos ronda, Minggu (1/9/2013).

Warga Dusun Namberan tengah bergotong royong membangun pos ronda, Minggu (1/9/2013).

Harian Jogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Dusun Namberan, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, bergotong royong membangun pos ronda untuk memaksimalkan keamanan dusun.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Kepala Dusun Namberan, Sumarwanto, mengatakan dana pembangunan diperoleh dari bantuan Pemda DIY sebesar Rp15 juta. Dana tersebut diakses melalui Dinas Kehutanan Gunungkidul.

“Kami ingin ada pos ronda induk di dusun ini sehingga keamanan semakin terjamin. Acuan pembangunannya berdasarkan dari Dinas Kehutanan,” papar dia kepada Harian Jogja.com, Minggu (1/9/2013).

Pos ronda induk tersebut dibangun di dekat area hutan sehingga warga bisa turut mengamankan hutan. “Yang membangun juga kelompok tani hutan. Selain untuk keamanan lingkungan dusun juga untuk keamanan hutan. Namun, di wilayah sini tergolong aman,” papar dia.

Sumarwanto menambahkan, setiap hari warga sudah rutin melakukan ronda. Diharapkan dengan dibangunya pos ronda induk tersebut semangat warga semakin tinggi. Setiap RT akan diambil perwakilan untuk berjaga di pos ronda induk.

Salah satu warga, Suratman, mengatakan pembangunan sudah berlangsung sekitar satu pekan. Warga secara gotong royong membangun pos ronda itu.

“Ada giliran warga untuk membangun pos ronda. Warga dengan suka rela membangun. Toh pos ronda ini juga untuk keamanan warga sendiri,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya