SOLOPOS.COM - Seorang warga kampung pesisir Pantai Drini membersihkan panel surya di Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, beberapa waktu lalu. Kampung ini sudah puluhan tahun belum terjangkau jaringan listrik sehingga warga setempat harus memanfaatkan panel sel surya bantuan pemerintah pusat atau menggunakan genset. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Seorang warga kampung pesisir Pantai Drini membersihkan panel surya di Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, beberapa waktu lalu. Kampung ini sudah puluhan tahun belum terjangkau jaringan listrik sehingga warga setempat harus memanfaatkan panel sel surya bantuan pemerintah pusat atau menggunakan genset. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

WONOSARI — Jaringan listrik akhirnya masuk ke kawasan Pantai Drini, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari. Jaringan listrik ini akan berguna bagi para nelayan untuk mengawetkan hasil tangkapan laut.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Nelayan Pantai Drini, Yanto, 35, mengatakan jaringan listrik ini masuk sekitar 1,5 bulan lalu. “Listrik masuk sini setelah Lebaran,” kata Yanto kepada HarianJogja.com, Jumat (16/11/2012). Yanto mengatakan para nelayan dapat memanfaatkan listrik itu untuk menghidupkan freezer (alat pendingin). Alat itu dipakai untuk mengawetkan hasil tangkapan para nelayan seperti lobster dan ikan.

Selama ini, sebelum ada listrik, para nelayan biasanya menggunakan es balok untuk mengawetkan ikan. Para nelayan perlu pergi ke Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari agar bisa memperoleh balok es. “Lebih baik pakai freezer. Karena kalau cari balok es kadang-kadang sulit didapat,” kata Yanto. Berdasarkan pantauan, sejumlah tiang listrik telah dipasang di kawasan Pantai Drini. Sebelum ada jaringan listrik ini, warga mengandalkan panel tenaga surya.

Panel itu merupakan bantuan dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) beberapa waktu lalu. Panel itu dapat berfungsi mengandalkan accu. “Tapi kalau pakai panel surya, hanya sebatas untuk penerangan,” kata Yanto. Sejumlah kawasan pesisir di Gunungkidul memang dikenal belum teraliri jaringan listrik. Selain Drini, Pantai Siung di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus juga belum dimasuki jaringan listrik. Warga sekitar menggunakan genset agar dapat menyalakan lampu.

Selain itu, tiang-tiang listrik juga belum dipasang di sejumlah kawasan di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari. Puluhan warga masih mengandalkan listrik dari dusun sekitarnya. Salah seorang warga Dusun Gupit, Supriyanto, berharap pemerintah memperhatikan persoalan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya