SOLOPOS.COM - Siti Badriyah (JIBI/Harian Jogja/Yodie Hardiyan)

Siti Badriyah (JIBI/Harian Jogja/Yodie Hardiyan)

GUNUNGKIDUL—Siti Badriyah, 45, warga Dengok V RT 15/RW 05, Desa Dengok, Kecamatan Playen menjadi wakil Provinsi DIY dalam penghargaan Kalpataru. Sebagai pamong belajar, Siti mendapat nominasi kategori pengabdi lingkungan.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Siti terlibat dalam pendidikan keaksaraan. Ibu tiga anak itu memberikan pendidikan membaca, berhitung dan berkaitan dengan lingkungan. “Pendidikan keaksaraan yang lebih bermakna,” kata Siti kepada Harian Jogja, kemarin.

Dia mencontohkan pendidikan membaca terkait lingkungan itu adalah mengenai pengelolaan sampah.

Pamong di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul itu mengatakan awal keterlibatannya di bidang lingkungan adalah pada 2004. Saat itu dia masuk ke Paguyuban Pengelola Hutan Rakyat “Mudi Lestari”. Dari situ Siti berkenalan dengan sebuah lembaga swadaya masyarakat dari Korea Selatan.

“Itu membuka wawasan saya tentang [pemanasan global]. Hati saya terketuk,” katanya.

Dalam pengamatannya, perubahan musim yang tidak teratur, polusi kendaraan bermotor dan berkurangnya debit air terjadi akibat penggundulan hutan. Pada 2005 Siti mengikuti pelatihan di Surabaya dan mendapatkan materi tentang strategi pembelajaran. Materi itu dibawanya ke Gunungkidul dan disebar sebagai bahan pembelajaran pembangunan berkelanjutan.

“Selama tujuh tahun belakangan sudah ada ribuan warga Gunungkidul yang ikut pendidikan keaksaraan ini,” kata Siti yang juga mengelola media alternatif Koran Ibu.

Selain Siti, Camat Ponjong Haryo Ambarsuwardi juga mendapatkan nominasi Kalpataru untuk kategori pembina lingkungan. Penerima Kalpataru rencananya diumumkan pada akhir Mei 2012. Sekretariat Kalpataru Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Edi mengatakan kemarin pihaknya memverifikasi data di dua nominator asal Gunungkidul itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya