SOLOPOS.COM - Warga menanti giliran untuk memasang selang ke dalam bak penampungan agar air bisa dialirkan ke rumah-rumah warga di sendang Padokan, Kalidadap 1, Selopamioro, Imogiri, Bantul, DI. Yogyakarta, Jumat (31/10/2014). Selama dua bulan terakhir warga di kawasan tersebut mulai kesulitan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga maupun air minum ternak, menurunnya debit air sejak kemarau panjang tahun ini warga terpaksa harus bergantian dan terjadual untuk dapat memasang selang saluran air di sumber mata air itu. Sedikitnya terdapat sekitar 80 selang air dengan panjang hingga ratusan meter. (JIBI/ Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, SLEMAN—Hujan yang turun selama sekitar satu jam, Selasa (4/11/2014) malam benar-benar melegakan warga yang tinggal di lereng perbukitan Prambanan, Sleman.

Mereka mulai membersihkan bak penampungan air hujan (PAH) dengan air hujan pertama kali yang telah lama kering.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Ketua Organisasi Pengelola Pemakai Air (OPPA) Prambanan Mujimin mengakui, ada kegembiraan yang luar biasa ketika hujan turun lebat pada Selasa malam.

Hal itu dinilainya wajar karena selama tiga hingga empat bulan terakhir warga di perbukitan Prambanan merasa kekurangan air. “Sebelumnya PAH sudah tersambung dengan talang dan air langsung bisa tersimpan di PAH,” ungkap Mujimin, Rabu (5/11/2014).

Meski demikian air pertama kali sejak musim kemarau itu tidak langsung dimanfaatkan untuk konsumsi atau MCK. Air tersebut digunakan untuk membersihkan PAH dan bak penampungan lainnya.

Meski belum bisa memenuhi PAH, hujan tersebut dinilai sudah sangat membantu terutama bagi yang memiliki ternak mereka dapat memanfaatkannya.

“Kalau kondisinya masih belum ada hujan, warga akan beli air lagi. Mudah-mudahan saja hujan segera turun lagi,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya