SOLOPOS.COM - Rahmad Tobadiyana (JIBI/Harian Jogja/Intaningrum)

Rahmad Tobadiyana (JIBI/Harian Jogja/Intaningrum)

BANTUL—Warga Dukuh Serut masuk nominasi penghargaan Kalpataru kategori Pembina Lingkungan 2012.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Dari prestasi dan kontribusinya di bidang pemberdayaan masyarakat dan lingkungan, Rahmad Tobadiyana diusulkan Pemerintah Kabupaten Bantul untuk bersaing dengan keempat nominator lain dari DIY.

Sejak 1991, Rahmad telah melakukan berbagai kegiatan lintas sektor untuk mengajak warga Serut lebih kreatif dan produktif.

“Tahun 1991, seusai dilantik jadi kepala dukuh, saya ikut pelatihan budidaya tanaman dan kemudian saya implementasikan di dusun,” ujar Rahmad saat ditemui di sela-sela seleksi Kalpataru, Rabu (18/4).

Selain sektor budidaya, ia juga mengajak warga untuk bisa membenahi tata ruang dan wilayah di dusun agar lebih rapi. Salah satunya dengan memindahkan kandang pribadi ke kandang bersama yang letaknya berjauhan dengan rumah warga.

“Kami olah pupuk organik dari kotoran ternak. Selain itu, budidaya ikan, ternak dan tanaman pangan serta beras organik juga sudah kami lakukan,” ujarnya.

Di sektor pendidikan, dusun Serut juga telah memiliki rumah baca dan PAUD.  Wilayah Dusun Serut seluas 57,2 hektare terdiri dari sembilan RT, 425 kepala keluarga dengan 1.382 jiwa.

Camat Bantul, Nugroho Eko Setyanto saat ditemui di sela seleksi Kalpataru mengaku bangga salah satu perangkat desa mampu menjadi penggerak pembangunan di lingkungan masyarakat.

“Prestasi dan segudang kegiatan di bidang pembinaan lingkungan yang ia tekuni sejak 1991 menjadi pertimbangan kami untuk mengusulkannya ikut seleksi Kalpataru,” ujarnya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya