SOLOPOS.COM - Ilustrasi Garis Polisi (JIBI/Dok)

Warga Sleman menemukan benda yang diduga merupakan bahan peledak

Harianjogja.com, SLEMAN– Dua buah benda yang diduga bahan peledak zaman Belanda ditemukan oleh warga di Babadan Baru, Depok, Sleman. Adalah Bonimin, 50, yang pertama kali menemukan dua benda kuno yang terbungkus besi berkarat tersebut.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Bonimin menemukan dua benda yang diduga bahan peledak tersebut saat dirinya sedang membuat pondasi cakar ayam rumahnya. “Bentuknya memang aneh, seperti hiasan lampu gantung tetapi sudah berkarat,” katanya, Minggu (6/11/2016).

Awal penemuan benda asing itu berawal ketika Bonimin menggali sudut pondasi rumah pada hari Jumat (4/11/2016) sore. Saat menggali sampai kedalaman satu meter ia menemukan benda mencurigakan yang sudah berkarat. Besar benda tersebut sekepalan tangan orang dewasa dengan kondisi sudah berkarat.

Karena merasa curiga, Bonimin lalu membersihkan benda tersebut dengan menggunakan sabun cuci piring. “Setelah saya cuci, saya jemur. Saya mulai curiga, kalau itu hiasan lampu kok tidak ada motifnya hanya halus,” kata dia.

Para tetangga yang mengetahui penemuan Bonimin awalnya sudah curiga kalau benda tersebut adalah bahan peledak. Namun Bonimin masih belum mempercayai sepenuhnya, iapun kemudia lantas melanjutkan penggalian di lokasi yang sama. Setelah menggali 40 centimeter dari penemuan awal, Bonimin kembali menemukan benda serupa.

“Menemukan dua benda itu, lalu saya taruh saja,” ujarnya.

Kejadian penemuan dua benda yang diduga peledak tersebut lantas dilaporkan kepada pihak kepolisian. Saat dimintai keterangan Kapolsek Depok Timur AKP Andrey Valentino mengatakan pihaknya sudah menerima laporan dan mengamankan dua benda tersebut. Kemudian pihaknya dengan Tim Jihandak Polda DIY sudah melakukan olah TKP dan melakukan penyisiran guna menelusuri adanya benda lain ditempat tersebut.

“Diduga memang bahan peledak, tapi belum bisa dipastikan itu bahan peledak atau bukan. Masih menunggu dari hasil uji Jihandak,” pungkasnya.

Saat ini kedua benda asing yang diduga bahan peledak tersebut sudah diamankan oleh tim Jihandak Polda DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya