SOLOPOS.COM - Foto Upacara di Makam Udin. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Foto Upacara di Makam Udin. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, BANTUL-Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-68 Kemerdekaan RI puluhan wartawan Bantul menggelar upacara di makam wartawan almarhum Fuad Mohamad Syafrudin atau Udin di pemakaman umum Trirenggo, Bantul Sabtu (17/8/2013).

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Dalam upacara itu mereka mengukuhkan Udin sebagai pahlawan pers. Mereka mendesak pemerintah dan kepolisian dapat mengungkap kasus hukum pembunuhan wartawan yang selamat 17 tahun belum tertuntaskan. Kasus ini akan dianggap kedaluarsa pada 2014 nanti.

Nampak hadir di tengah upacara berlangsung istri mendiang Udin, Marsiyem. Pengukuhan Udin sebagai pahlawan pers ditandai diserahkannya bendera merah putih inspektur upacara yang diterima Marsiyem.

Koordinator wartawan Bantul Judiman mengatakan tidak ada yang sulit dari pengusutan kasus pembunuhan Udin yang 17 tahun tidak terselesaikan. Judiman menilai bukti dan saksi masih sangat memungkinkan untuk melengkapi kebutuhan penegak hukum. “Jadi harus dituntaskan,” ujar Judiman.

Kepada Harian Jogja, Marsiyem istri Udin mengaku pesimistis pemerintah dan kepolisian akan menuntaskas kasus terbunuhnya suami. Ia yakin suaminya meninggal karena pemberitaan.

Di mata Marsiyem, suaminya sosok wartawan yang memang ‘blak-blakan’ mengungkap ketidakberesan. Di usianya 33 tahun aktif meliput kebijakan yang tidak berpihak masyarakat luas.

“Jadi saya yakin mas Udin meninggal karena pekerjaannya wartawan,” ungkap istri Udin dengan mata berkaca-kaca.

Selama mendampingi almarhum Marsiyen sendiri kerap menemui adanya teror orang tak dikenal. Hanya saja, mendiang Udin selalu meyakinkan istri tidak perlu takut apabila memang yang dilakukan untuk kebenaran dan fakta. Upacara wartawan Bantul ditutup dengan doa dan tabur bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya