SOLOPOS.COM - Pemandangan HeHa Ocan View. (IG @hehaoceanview)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Di balik keindahan tempat wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ternyata menyimpan potensi bencana alam. Untuk itu, para wisatawan juga harus mewaspadai potensi tersebut.

Pemetaan itu terlihat dalam kajian risiko bencana yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Kepala Seksi Pencegahan BPBD Gunungkidul, Agus Wibawa, mengatakan seluruh destinasi wisata di Gunungkidul menyimpan potensi bencana. Hal itu terlihat dari peta kajian risiko bencana yang dibuat tahun ini.

Agus mencontohkan seperti di kawasan pantai ada potensi bencana gempa dan tsunami. Sedangkan di kawasan wisata susur sungai seperti di Gua Pindul, Air Terjun Srigetuk berpotensi terjadinya banjir.

Hal sama juga terlihat di kawasan perbukitan maupun pengununan yang berpotensi terjadinya longsor.

Baca Juga: Bobol Rumah Penjual Gudeg di Bantul, Tukang Pijat Gondol Harta Rp267 Juta

“Memang di balik keindahan alam di Gunungkidul menyimpan potensi bencana,” katanya kepada Harianjogja.com (Solopos Media Group), Rabu (2/11/2022).

Tindak lanjut dari kajian ini, BPBD Gunungkidul berkomitmen meningkatkan mitigasi bencana di kawasan wisata. Sebagai contoh, upaya mitigasi telah dilakukan di kawasan pesisir berkaitan dengan ancaman tsunami.

Guna mengurangi dampak dari bencana ini, sudah dibentuk forum pengurangan risiko bencana. Pemasangan rambu-rambu jalur evakuasi juga dipasang menuju ke tempat yang lebih aman.

“Hal yang sama juga dilakukan di tempat lain. Misalnya, kami pernah berkomunikasi dengan manajemen HeHa Ocean View terkait dengan cara penanggulangan bencana yang dijalankan,” katanya.

Baca Juga: Waduh! Banyak Tempat Wisata DIY Berada di Kawasan Rawan Bencana

Meski demikian, dia tidak menampik belum semua destinasi diberikan sosialisasi secara langsung. Hal ini tak lepas dari keterbatasan anggaran yang dimiliki.

Agus mengungkapkan keterbatasan tersebut disiasati dengan jaringan komunkasi di media sosial. Ia tidak menampik banyak anggota kelompok sadar wisata yang ikut tergabung dalam forum sukarelawan penanganan bencana.

“Jadi kalau ada update data cuaca dari BMKG kami share, tujuannya agar bisa disampaikan ke masing-masing pengelola wisata sebagai bagian dari mitigasi bencana,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul BPBD: Seluruh Objek Wisata di Gunungkidul Simpan Potensi Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya