SOLOPOS.COM - Wisatawan bermain dan berenang saat berkunjung ke Pantai Parangtritis, Bantul, (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Wisata Bantul terdongkrak debngan adanya hari libur dan gerhana matahari

Harianjogja.com, BANTUL- Fenomena alam langka gerhana matahari yang terjadi pada Rabu (9/3/2016) pagi meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bantul.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Bantul pada hari libur yang bertepatan dengan gerhana matahari sebanyak 12.254 orang. “Jumlahnya jauh lebih banyak dari hari biasa,” kata Kepala Disbudpar Bantul Bambang Legowo, Kamis (10/3/2016).

Sejatinya kata Bambang, Rabu (9/3/2016) lalu merupakan momentum libur Hari Raya Nyepi. Namun biasanya, momentum Hari Raya Nyepi tidak menyedot wisatawan hingga lebih dari 10.000 orang. Ia meyakini, fenomena alam gerhana matahari yang mendorong wisatawan berlibur ke Bantul terutama ke pantai.

“Biasanya Nyepi kunjungannya enggak ramai, ini karena gerhana matahari itu makanya pada berwisata,” lanjutnya.

Ditambahkannya, sepanjang tahun ini kunjungan wisatawan ke Bantul telah menyumbang pendapatan daerah sebesar Rp2,3 miliar. Disbudpar menargetkan pendapatan sebesar Rp2,5 miliar hingga akhir Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya