SOLOPOS.COM - Ratusan orang memadati kawasan Pantai Pulangsawal (Wisatawan sering menyebutnya Pantai Indrayanti), Kecamatan Tepus, saat libur lebaran lalu. Diprediksi, saat libur akhir tahun jumlah pengunjung di kawasan wisata di Gunungkidul melonjak hingga 200.000 orang. Foto diambil Rabu (30/7/2014). (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Kapolres Gunungkidul, AKBP Muhammad Arif Sugiarto mengakui jumlah personil polisi, khususnya Polisi Pariwisata di Gunungkidul masih sangat kurang

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kapolres Gunungkidul, AKBP Muhammad Arif Sugiarto mengakui jumlah personil polisi, khususnya Polisi Pariwisata di Gunungkidul masih sangat kurang.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Padahal jumlah objek wisata di Gunungkidul sangat banyak. Dia menyontohkan untuk objek wisata pantai saja jumlahnya ada sekitar 30 dan idealnya ada tiga Polisi Pariwisata yang berjaga di setiap pantai.

“Jadi kalau pantai saja butuh sekitar 100 [polisi pariwisata], itu belum termasuk objek wisata lain seperti gua. Jadi sulit kalau berbicara ideal,” kata dia.

Sementara itu, penambahan Polisi Pariwisata saat ini terkendala dengan struktur organisasi di kepolisian. Sebelumnya setiap Polres memiliki Polisi Pariwisata tersendiri, namun seiring dengan perubahan organisasi, Polisi Pariwisata saat ini berada di bawah Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda DIY. Kemudian turun ke Polres, Polisi Pariwisata berada di bawah Unit Shabara.

Lantaran berada di bawah unit maka memang personilnya dibatasi. Hal itu kata dia menjadi menjadikan salah satu kendala utama dalam penambahan personel Polisi Pariwisata yang jumlahnya saat ini hanya depalan.

“Tapi kalau memang mendesak dibutuhkan, nanti anggota Shabara akan kami fungsikan sebagai Polisi Pariwisata, tanpa harus berganti baju menjadai Polisi Pariwisata,” kata Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya