SOLOPOS.COM - Beberapa warga melewati jalan yang sedang dilebarkan di wilayah Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Selasa (19/4). Pelebaran jalan yang dilakukan dengan memapras tebing tersebut merupakan bagian dari program bedah menoreh.(Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Wisata Kulonprogo di Pegunungan Menoreh dikeluhkan terkait kondisi jalan yang rusak

Harianjogja.com, KULONPROGO-Para pelaku usaha jasa wisata mengeluhkan kualitas jalan wisata di wilayah Pegunungan Menoreh. Mereka berharap Pemkab Kulonprogo dapat meningkatkan kualitas jalan wisata agar menjadi lebih aman dan nyaman dilalui.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kulonprogo, Suwardiyono mengatakan, wilayah perbukitan menoreh memiliki banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan.

Beberapa diantaranya bahkan sudah populer berkat media sosial. “Banyak obyek wisata di Kulonprogo yang sangat menjual, seperti Desa Wisata Nglinggo di Gerbosari Samigaluh,” ujar Suwardiyono, Minggu (2/4/2017).

Suwardiyono memaparkan selama ini pelaku usaha jasa wisata merasa agak kesulitan untuk mengantarkan tamu yang ingin ke Kulonprogo, terutama perbukitan menoreh. Hal karena kondisi akses jalan wisata yang belum bisa dilalui mikro bus dan bus yang berukuran lebih besar.

Pihak biro wisata jadi harus menambah anggaran untuk mengantarkan tamu ke lokasi tujuan dengan kendaraan yang lebih kecil. Masalah lain juga mesti dihadapi jika jalan yang dilalui juga dalam kondisi rusak.

Keterbatasan akses jalan wisata dinilai bakal menghambat perkembangan sektor pariwisata. Suwardiyono lalu berharap Pemkab Kulonprogo lebih memperhatikan kondisi infrastruktur jalan di perbukitan menoreh.

Jika memang tidak bisa dilakukan pelebaran jalan, dia ingin setidaknya ada kantong parkir untuk menampung kendaraan besar seperti yang sudah ada di kawasan Waduk Sermo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya