SOLOPOS.COM - Sejumlah wisatawan menaiki perahu untuk menikmati keindahan alam di sekitar Laguna Pantai Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Sabtu (9/7/2016). (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Kulonprogo di Pantai Glagah berkurang drastis karena jembatan direnovasi

Haranjogja.com, KULONPROGO-Jumlah pengunjung Pantai Glagah turun drastis usai renovasi yang dilakukan di Jembatan Kalidengen di Temon, Kulonprogo. Penurunan ini membuat target Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2016 terancam tak terpenuhi.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Bendahara Penerimaan Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kulonprogo, Ruri Atmini Retno mengatakan bahwa pengunjung Pantai Glagah menuruh sekitar 60% sejak renovasi dilakukan pada Juli lalu. Padahal, Pantai Glagah merupakan penopang utama PAD dari penerimaan retribusi objek wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Hal ini secara tidak langsung berdampak pada target PAD 2016 yang berkisar Rp2,7miliar. Ruri menguraikan dengan progres pemasukan saat ini maka nyaris bisa dipastikan jika target takkan terpenuhi. Sementara saat ini total pemasukan PAD hingga akhir Oktober baru berkisar Rp1,9 miliar. Dengan demikian, masih ada target sebesar Rp827juta yang harus dipenuhi.

Kehilangan pengunjung disebakan semakin minimnya bus wisata yang masuk ke pantai selatan tersebut. Meskipun pemerintah telah menyediakan papan pemberitahuan akses alternatif menuju Pantai Glagah namun hal tersebut dirasa kurang efektif. “Jembatan yang direnovasi merupakan akses utama bus-bus besar,” jelasnya, Rabu (16/11/2016).

Pasalnya, ruas jalan alternatif yang terlalu sempit menyulitkan bus wisata tersebut lewat. Selain itu, kebanyakan pemandu wisata atau pengemudi bus juga luput melihat jalur alternatif tersebut karena papan pemberitahuan tersamar dengan spanduk-spanduk lainnya.

Apalagi, renovasi diperkirakan baru akan selesai dilakukan pada penghujung Desember nanti. Akhir tahun sendiri biasanya dijadikan andalan untuk menjaring wisatawan yang kebanyakan terdiri dari murid sekolah. Ruri memaparkan bahwa pihaknya hanya berharap jika perbaikan yang dilakukan berdampak positif untuk kunjungan wisatawan dalam jangka panjang.

Kuat Tri Utomo, Kepala Seksi Objek dan Sarana Prasarana Pariwisata Disparpora Kulonprogo menyebutkan jumlah pengunjung Pantai Glagah sendiri terus jeblok selama 3 bulan terakhir. Tercatat, hanya 2.343 pengunjung yang datang ke Pantai Glagah. Padahal, jumlah pengunjung biasanya selalu di atas 10.000 orang per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya