SOLOPOS.COM - Pengunjung menyaksikan replika Gunung Merapi yang disajikan di lobi Museum Gunung Merapi (MGM), Sabtu (18/7/2015). (JIBI/Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Wisata lebaran 2015 di Sleman untuk Museum Gunung Merapi mengalami penurunan.

Harianjogja.com, SLEMAN-Dibanding tahun lalu, Pengelola Museum Gunung Merapi (MGM) menargetkan kunjungan wisata selama libur lebaran tahun ini turun. Selama 16-21 Juli 2015, wisatawan ditarget 10.000 pengunjung, sedang tahun lalu mencapai 15.000 orang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Tahun kemarin 15.000 karena liburnya lebih panjang. Sekarang dari enam hari sudah terpotong hari pertama Lebaran dan Senin besok,” kata Kepala UPT Museum Gunung Merapi, Suharno, Sabtu (18/7/2015).

Pada hari pertama Lebaran kemarin, MGM memang tutup sedangkan untuk Senin besok merupakan jatah tutup museum-museum di Kabupaten Sleman.

Suharno yakin target 10.000 akan terpenuhi. Pasalnya dari hari ke hari kunjungan wisata ke museum yang terletak di Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem Sleman ini terus meningkat.

Pada Sabtu ini saja, hingga pukul 14.30 WIB sebanyak 900 tiket telah terjual. Angka tersebut meningkat dibandingkan hari biasa yang hanya mencapai kisaran 600 orang.

Dari pantauan Harianjogja.com Sabtu siang, MGM banyak dikunjungi para keluarga yang baru saja melakukan silaturahmi. Mereka sengaja menyempatkan diri untuk berlibur sembari menimba pengetahuan seputar Merapi dan erupsinya.

Salah satu fasilitas yang paling diminati adalah teater film Merapi. Hanya dengan Rp5.000, pengunjung dapat menyaksikan letusan Gunung Merapi dari tahun ke tahun. Di sudut-sudut lain juga ditampilkan replika Gunung Merapi saat mengalami erupsi.

Salah satu pengunjung asal Bantul, Nasrun, 47, sengaja mengajak putranya untuk mengisi liburan di MGM. Ia aktif di Tagana Jogja dan sempat merasakan saat-saat evakuasi menjelang erupsi Merapi 2010. “Dari pengalaman itu saya ceritakan pada anak. Didukung ada MGM ini, jadi seperti ada media untuk menyampaikannya, kata dia.

Menurutnya MGM menjadi tempat yang tepat bagi anak untuk mengisi waktu liburan. Karena selain bermain di taman, anak-anak juga dapat mempelajari karakter Gunung Merapi dan gunung-gunung berapi lainnya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya