SOLOPOS.COM - Pasar Ngasem (JIBI/Harian Jogja/Eva Syahrani)

Pasar Ngasem (JIBI/Harian Jogja/Eva Syahrani)

Harianjogja.com, JOGJA—Bagi Anda wisatawan yang masih ada di Jogja, jangan lewatkan Pasar Ngasem sebagai daerah tujuan wisata di Kota Gudeg.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Di pasar tradisional ini ada oleh-oleh klasik yang dapat dibawa pulang khususnya bagi wisatawan luar DIY.

Pasar yang terletak di dekat wisata Pulo Cemeti Tamansari dan hanya sekitar 400 meter barat Kraton ini tidak jauh beda dengan pasar tradisional lain.

Di pasar yang dulu dikenal dengan pasar burung tersebut, kini dijajakan barang-barang kebutuhan pokok seperti sayur mayur, buah-buahan, maupun berbagai bahan makanan. Hanya saja berbelanja di pasar ini pengunjung dapat menikmati berbagai keuntungan.

Keuntungan pertama, letaknya sangat dekat dengan Tamansari maka pengunjung dapat menyaksikan tembok-tembok besar atau bangunan luar Tamansari sambil berbelanja.

Bagi yang lelah maupun lapar dapat menikmati aneka jajanan tradisional di sini. Jangan ketinggalan, di pasar ini ada makanan tradisional apem beras yang cukup melegenda.

Apem beras Ibu Wanti namanya. Kudapan ini dapat menjadi pilihan oleh-oleh bagi wisatawan luar DIY.

“Apem beras ini ya istilahnya makanan Kraton. Kraton biasanya membuat serabi untuk menandakan bulan Ruwah (sebelum puasa). Kalau liburan seperti ini banyak dari luar kota yang beli. Karena di luar kota kan tidak ada,” ucap Yuli Setyaningsih, pedagang serabi beras Ibu Wanti, Rabu (14/8/2013).

Yuli menambahkan Apem beras di pasar Ngasem sudah puluhan tahun ada. Apem beras ini merupakan usaha turun temurun dari neneknya. Yuli mengaku terus menjaga cita rasa seperti aslinya. Apem beras ini hanya dijajakan di tiga tempat yaitu pasar Ngasem, Kotagede dan Prawirotaman.

“Paling disukai itu yang isinya kelapa. Kami kelapanya benar-benar muda. Jadi kalau dimakan nyus. Apem ini bisa bertahan dua hari,” imbuh Yuli.

Dari pasar Ngasem, pengunjung dapat melanjutkan ke beberapa tempat wisata lain tanpa harus menempuh jarak jauh. Tidak jauh dari pasar Ngasem ada sentra kaos, batik, dan juga oleh-oleh khas Jogja yakni Jalan Rotowijayan.

Untuk ke Kraton, pengunjung bisa menempuhnya dengan berjalan kaki atau naik becak dan menikmati perjalanan ke sekitar Alun-alun maupun ke beberapa toko batik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya