SOLOPOS.COM - Wisatawan di Pantai Parangtritis (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto
Wisatawan di Pantai Parangtritis

Harianjogja.com, BANTUL – Ramainya wisatawan yang berkunjung ke Bantul belum merata ke semua objek wisata. Penumpukan pengunjung masih terfokus di Pantai Parangtritis dan Depok.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selama empat hari libur Lebaran tercatat, 78.700 orang mengunjungi Parangtirtis dan Depok.

Kondisi sebaliknya justru terjadi di objek wisata seperti Gua Cerme yang sebagian menjadi masuk kawasan Gunungkidul. Kunjungan ke wisata minat khusus ini hanya mencapai 593 orang jauh lebih kecil dibanding yang berkunjung ke pantai.

Di sisi lain, sejumlah event yang diharapkan menyedot pengunjung sementara masih digelar di objek wisata yang telah ramai pengunjung. Misalnya pada Sabtu (17/8/2013) dan Minggu (18/8/2013) bakal digelar event penancapan 1.000 bendera merah putih di Pantai Parangtritis.

Terpisah, Anggota Komisi B DPRD Bantul yang membidangi masalah pariwisata, Jumakir mengingatkan agar penyelenggaraan even tak hanya fokus saat libur Lebaran namun juga saat libur akhir pekan agar tetap dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke Bantul.

Menurutnya, dalam APBD telah dianggarkan biaya penyelenggaraan even di tempat objek wisata sebesar Rp400 juta selama setahun.

Dana sebesar itu untuk membiayai sebanyak 130 event seperti pentas kesenian. Tujuanya meningkatkan PAD dari sektor pariwisata.

Pemkab Bantul menargetkan PAD sebesar Rp8,5 miliar dari sektor pariwisata selama setahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya