SOLOPOS.COM - Para pengunjung di Tlogo Putri, Kaliurang, beramai-ramai menyaksikan pertunjukan seni jatilan, Kamis (31/7/2014). (Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Sleman,  mengenai retribusi Kaliurang mulai tahun ini akan dikelola Disbudpar.

Harianjogja.com, SLEMAN-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Sunartono mengatakan, pengelolaan retribusi objek wisata Kaliurang akan diserahkan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman mulai tahun ini. Kewenangan pengelolaan tidak lagi berada di tangan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Sleman.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Menurut Sunartono, selain demi meningkatkan kualitas pelayanan, kebijakan tersebut merupakan langkah penataan organisasi perangkat daerah (OPD).

“Ada beberapa instansi yang mengalami perubahan mendasar, khususnya terkait tupoksi [tugas pokok dan fungsi] kelembagaan,” kata Sunartono, Rabu (7/1/2015).

Berbagai perubahan dalam proses penataan OPD juga dimaksudkan untuk membenahi pengelolaan kelembagaan agar sesuai tupoksi.

“Itulah mengapa pengelolaan retribusi Kaliurang diserahkan ke Disbudpar. Pengelolaannya memang sudah sepantasnya diserahkan kepada instansi yang menangani bidang tersebut,” terang Sunartono.

Sunartono menambahkan, sebelum kebijakan tersebut benar-benar diterapkan, pihaknya masih terus melakukan kajian dan evaluasi.

“Nantinya bukan hanya Disbudpar, namun untuk pengelolaan pelayanan akan diserahkan kepada semua SKPD. Misalnya, retribusi parkir menjadi kewenangan Dishubkominfo [Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika],” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Disbudpar Sleman, Ayu Laksmidewi mengaku siap jika tahun ini diberi kewenangan mengelola retribusi obyek wisata Kaliurang.

“Hanya saja, pelaksanaannya akan tetap melakukan koordinasi dengan instansi terkait,” kata Ayu.

Terlebih, lanjut Ayu, Kaliurang masih menjadi salah satu objek wisata andalan Sleman. Pihaknya juga sedang melakukan penataan ulang Kaliurang untuk mendukung pencapaian target retribusi wisaata.

“Kami ingin menambah wahana wisata di Kaliurang agar lebih menarik,” ucapnya menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya