SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah (JIBI/Bisnis)

Harianjogja.com, SLEMAN—Aset koperasi di Kabupaten Sleman terus mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir. Hingga saat ini, total aset dari 627 koperasi yang ada bahkan sudah mencapai Rp1,58 miliar.

“Kenaikan aset tersebut seiring dengan terus bertambahnya jumlah anggota koperasi. Semakin banyak anggota, tentu semakin banyak besar asetnya,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Sleman, Teguh Budiyanta, di sela-sela Pameran Hari Koperasi ke-67 di halaman kantor Disperindagkop Sleman, Selasa (4/11/2014).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Teguh mengungkapkan, saat ini anggota koperasi di Sleman telah mencapai 275.198 orang. Angka tersebut lebih tinggi dibanding 2013 lalu, yaitu 263.874 orang dengan total aset Rp945,6 juta. “Wajar apabila aset tahun ini lebih tinggi karena pertambahan anggotanya juga cukup banyak,” kata dia melanjutkan.

Sementara itu, Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan, koperasi diharapkan berperan nyata dalam mengembangkan dan memberdayakan tata ekonomi daerah berdasar asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

“Segala kegiatan koperasi harus dikelola secara profesional,” ucapnya saat membacakan sambutan Gubernur DIY pada upacara Hari Koperasi di Lapangan Pemkab Sleman, Selasa.

Menurut Sri Purnomo, profesionalitas pengurus dan anggota koperasi bisa ditunjukkan dari kemampuan dan tanggungjawab yang menjamin nilai tambah optimal bagi koperasi. Anggota juga diharapkan mematuhi hukum ekonomi dan koperasi.

“Anggota hendaknya dapat bersatu, bekerjasama, dan saling menolong untuk memperkuat usaha melalui koperasi,” ujarnya.

Sri Purnomo juga menegaskan, setiap anggota memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam melakukan transaksi dan mendapatkan manfaat ekonomi dengan berkoperasi.

“Semua anggota koperasi harus sepakat bersama-sama menggunakan jasa koperasi untuk memenuhi kebutuhannya dan mempromosikan koperasi agar menjadi kuat, sehat, dan mandiri,” katanya memaparkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya