SOLOPOS.COM - Pengerjaan tol Jogja Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman. (Harian Jogja/Sunartono)

Solopos.com, SLEMAN — Sebanyak 17 hektare lahan yang terdampak pembangunan jalan tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2B Trihanggo-Junction Sleman belum dibebaskan. Meski demikian, sejumlah lahan sudah banyak yang siap digunakan dan dikerjakan.

Humas PT Adhi Karya Pembangunan Tol Solo-Jogja Paket 2.2, Agung Murhandjanto, mengatakan sejumlah bidang lahan tol Solo-Jogja Paket 2.2B sudah siap digunakan dan ada juga yang siap untuk dikerjakan. Secara umum kebutuhan pembebasan lahan untuk pembangunan tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2B mencapai 398.978 meter persegi atau lebih dari 39 hektare.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Data terakhir, jumlah lahan yang sudah dibebaskan pada proyek ini telah mencapai 55,65 persen yakni 222.043 meter persegi atau sekitar 22 hektare. Sedangkan lahan yang belum dibebaskan hingga saat ini mencapai 176.935 meter persegi atau sekitar 17 hektare.

Jika dilihat persentasenya, masih ada 44,35 persen lahan yang belum bebas pada paket penggarapan tol Jogja-Solo Paket 2.2B.

Adapun dari keseluruhan jumlah lahan yang sudah dibebaskan, baru 9,51 persen lahan saja yang siap digunakan. Lahan yang kini siap digunakan luasnya mencapai 37.947 meter bersegi atau sekitar 3,7 hektare. Dengan catatan lahan yang digunakan ini terdiri dari area yang sedang dan selesai clearing, lahan kosong, serta lahan bekas sawah.

Di sisi lain, secara total lahan yang kini bisa dikerjakan untuk pembangunan tol Jogja-Solo Paket 2.2B baru sepanjang 400 meter dari total panjang tol yang mencapai 3,2 kilometer. Pasalnya tidak semua lahan yang telah siap digunakan bisa dikerjakan.

“Yang bisa dikerjakan itu yang sudah clear and clean, sudah dibayar tanah dan bangunannya, orangnya sudah pindah dan sudah bongkar,” katanya.

Lahan yang bisa dikerjakan umumnya berupa area blok yang luas. Sementara lahan siap digunakan terkadang masih diapit sejumlah rumah yang belum dibongkar atau dalam proses pembongkaran. Sehingga lahannya masih terpisah-pisah dan belum membentuk area blok yang bisa dikerjakan.

“Iya betul, masih terpencar,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 17 Hektare Lahan Tol Solo-Jogja Ruas Trihanggo-Junction Sleman Belum Dibebaskan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya