SOLOPOS.COM - Warga di Banyuraden, Gamping, Sleman, memilih membakar sampah untuk mengantisipasi penumpukan sampah imbas penutupan TPA Piyungan, Sabtu (5/8/2023). (Solopos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SLEMAN — Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, memastikan tempat pembuangaan sampah sementara (TPPS) di Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, sudah bisa beroperasi atau digunakan sebagai lokasi pembuangan sampah mulai Senin (7/8/2023) nanti.

Pengerjaan TPPS di Tamanmartani itu pun saat ini terus dikebut. Bahkan, sejumlah alat berat diterjunkan untuk mempercepat pengerjaan TPPS Tamanmartani itu.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Kita berpacu dengan waktu agar Senin bisa segera digunakan. Untuk itu, dalam dua hari ini saya asudah minta agar segera dimaksimalkan progresnya,” ujar Bupati Sleman, Sabtu (5/8/2023).

Dalam kurun waktu dua hari, akses jalan menuju lokasi penitipan sampah ditargetkan rampung. Percepatan pembangunan akses jalan, kata Kustini diarahkan untuk menerjunkan alat barat.

“Percepatan pembuatan akses dengan sirtu dan saya minta agar gunakan alat-alat berat dan truck dump,” kata dia.

Tak hanya jalan, pemasangan geomembran seluas 2500 meter persegi juga dikebut akhir pekan ini. Geomembran inilah yang nantinya melapisi tanah dari paparan langsung sampah agar tidak tercemar.

“Akhir pekan ini kita selesaikan juga pemasangan geomembran yang dilakukan oleh tenaga profesional agar tidak terjadi kesalahan,” jelasnya.

Secara tegas Pemkab Sleman disebutkan Kustini berkomitmen untuk menanggulangi persoalan sampah. Saat ini, Sleman seperti halnya Jogja juga mengalami persoalan darurat sampah dampak penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan.

Penutupan TPA Piyungan itu pun mendatangkan permasalahan tumpukan sampah liar di Sleman. “Kita antisipasi agar tidak ada sampah liar. Kalau ada [sampah liar] nanti akan kita angkut dan kita kelola,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya