SOLOPOS.COM - Masjid Gede Kauman Jogja. (jogjakota.go.id)

Solopos.com, JOGJA — Keraton Yogyakarta akan menggelar Hajad Dalem Sekaten 2023 atau Garebek Maulid untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Rangkaian upacara adat itu bakal digelar mulai tanggal 21 hingga 28 September 2023.

Acara adat ini sebagian besar akan berlangsung di lingkungan kompleks Keraton Jogja hingga Masjid Gede Kauman. Dalam kegiatan itu ada serangkaian upacara adat yang digelar dalam Hajad Dalem Sekaten 2023, berikut ini rangkaian acaranya:

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

  1. Miyos Gongso

Upacara mengeluarkan dua perangkat gamelan pusaka Keraton Jogja yaitu Kyai Guntur Madu dan Kyai Nogo Wilogo menuju pagongan depan Masjid Gede. Diawali dengan pembagian udhik-udhik oleh Putra Dalem. Upacara digelar di Kagungan Dalem Bangsal Ponconiti (pelataran Kamandungan Lor/Keben) pada Kamis, 21 September 2023, pukul 19.30 WIB.

  1. Gladhi Resik Prajurit Jelang Garebeg Mulud

Gladi bersih upacara yang melibatkan prajurit Keraton Jogja akan digelar di Kagungan Dalem Kamandungan Kidul hingga Pagelaran. Terjadwal pada 24 September 2023 pukul 06.30 WIB sampai selesai.

  1. Numplak Wajik

Numplak Wajik merupakan upacara yang menandai dimulainya proses merangkai gunungan, simbol sedekah raja kepada rakyat. Sebakul besar wajik ditumplak pada jodhang, bentuknya serupa silinder. Rangka Gunungan Wadon yang terbuat dari bambu kemudian dipasang, diikat erat pada pasak besi yang terdapat pada jodhang Mustaka gunungan yang telah dipersiapkan sebelumnya diangkat dan ditancapkan pada wajik tersebut.

Upacara ini digelar di Panti Pareden Kompleks Magangan, Keraton Jogja pada 25 September 2023 pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB.

  1. Kondur Gongso

Merupakan upacara mengembalikan dua gamelan ke Keraton Jogja yaitu Kanjeng Kyai Guntur Madu dan Kanjeng Kyai Nagawilaga. Diawali dengan pembagian udhik-udhik, pada 27 September 2023 pukul 19.30 WIB di Halaman Masjid Gede Kraton Jogja.

  1. Hajad Dalem Garebeg Mulud

Prosesi upacara Garebeg dimulai Prajurit Kraton  mengawal keluarnya gunungan dari Kraton melewati pagelaran. Gunungan dengan beragam macamnya ini dikirab dari dalam Keraton menuju ke Masjid Gedhe. Setelah Gunungan selesai didoakan oleh Kyai Penghulu Keraton maka khalayak pun akan beramai-ramai mendapatkan makanan yang ada di gunungan tersebut.

Upacara ini digelar dari Kraton hingga Masjid Gede pada  28 September 2023 pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.

  1. Bedhol Songsong

Bedhol Songsong  merupakan prosesi mencabut payung sebagai penanda berakhirnya rangkaian Hajad Dalem Garebek dan Ngabekten. Payung yang dimaksud dalam Bedhol Songsong merupakan payung yang dimiliki para pejabat administratif Sultan dari luar kraton.

Dalam rangkaian ini akan digelar pementasan wayang kulit lakon Pandhawa Mahabiseka bertempat di Tratag Bangsal Pagelaran Kraton Jogja pada 28 September 2023 pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 6 Rangkaian Garebeg Mulud Sekaten 2023 di Kraton Jogja, Terbuka untuk Umum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya