SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Solopos.com, JOGJA — Kawasan Tugu Pal Putih atau yang dikenal dengan Tugu Jogja menjadi satu dari sekian banyak lokasi yang menjadi destinasi favorit untuk menghabiskan malam tahun baru di Kota Jogja. Ribuan orang biasa berkumpul di lokasi tersebut untuk menyambut malam pergantian tahun, tak terkecuali Tahun Baru 2024 nanti, Minggu (31/12/2023).

Meski demikian, untuk menjangkau lokasi tersebut tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut selalu padat atau dipenuhi warga maupun wisatawan yang ingin merayakan malam tahun baru.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Bahkan, pengunjung yang mengendarai kendaraan roda dua atau sepeda motor pun akan sulit menjangkau lokasi itu. Terlebih, aparat kepolisian akan melakukan rekayasa arus lalu lintas di lokasi sekitar Tugu Jogja saat malam tahun baru nanti. Rekayasa itu dengan menutup jalur yang menuju arah Tugu Jogja, terutama dari sisi timur, barat, dan utara.

Oleh karenanya, masyarakat yang ingin ke Tugu Jogja perlu mengetahui lokasi parkir di sekitar area tersebut. Berikut lokasi parkir kendaraan yang direkomendasikan untuk pengunjung yang ingin menghabiskan malam Tahun Baru 2024 di sekitar Tugu Jogja:

1. Kawasan Pasar Kranggan

Lokasi ini berada di sisi barat dan utara Tugu Jogja, ada yang bisa diakses dari Jalan Diponegoro dan Jalan AM Sangaji menuju ke Jalan Poncowinatan.

2. Jalan Kranggan dan Pakuningratan

Lokasi kedua jalan ini berada di sisi utara Tugu Jogj atau sisi barat Jalan AM Sangaji, dan sisi utara Pasar Kranggan.

3. SMK Jetis

Ditlantas Polda DIY merekomendasi SMK Jetis menjadi salah satu alternatif lokasi parkir jika ada pengelola yang bersedia hanya untuk malam pergantian tahun. Lokasinya berada di Jalan AM Sangaji.

4. PDAM Tirtatama

Ditlantas Polda DIY turut merekomendasi ini sebagai salah satu alternatif parkir. Lokasi PDAM ini berada di utara Tugu Jogja atau tepanta di Jalan Wolter Monginsidi.

5. McD Sudirman

Ditlantas Polda DIY merekomendasi McD Sudirman menjadi salah satu alternatif yang memungkinkan bisa menampung parkir saat malam pergantian tahun. Lokasinya di timur Tugu Jogja tepatnya di Jalan Sudirman.

6. Kawasan Kotabaru

Parkir di kawasan Kotabaru menjadi salah satu pilihan tepat jika anda sudah tidak bisa menjangkau lokasi parkir yang lebih dekat dari Tugu Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya