SOLOPOS.COM - Suasana Pantai Parangtritis. (Harian Jogja/Catur Dwi Janati) 

Solopos.com, BANTUL — Arus lalu lintas menuju Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, selalu padat atau berpotensi mengalami kemacetan saat momen libur. Berikut jalur alternatif ke Pantai Parangtritis supaya tidak terjebak macet.

Untuk mengurai kepadatan lalu lintas, Polres Bantul bersama Pemkab setempat sudah mempersiapkan jalur alternatif. “Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur utama menuju Pantai Parangtritis, kami siapkan beberapa jalur alternatif,” kata Kasi Humas Polres Bantu, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Sabtu (23/12/2023).

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Jeffry mengatakan libur Natal dan Tahun Baru kali ini dibarengi dengan liburan sekolah sehingga dipastikan Pantai Parangtritis bakal ramai. Kondisi itu pun membuat lalu lintas sepanjang Jalan Parangtritis diprediksi padat.

Oleh karena itu, ia mengimbau wisatawan melewati jalur alternatif menuju objek wisata Pantai Parangtritis. Hal ini bertujuan mengurangi kepadatan kendaraan di jalur utama, sehingga arus lalu lintas bisa berjalan lancar.

Beberapa jalur alternatif yang bisa dilalui, yakni Jalan Imogiri Barat dan Jalan Imogiri Timur. Kedua jalur tersebut berada di timur Jalan Parangtritis.

Dari arah kota Jogja ketika sampai di Ringroad Selatan, kemudian melalui Simpang Wojo atau pun Simpang Terminal Giwangan langsung ke selatan sampai Simpang Selopamioro Imogiri, yang akan tembus di Simpang tiga selatan Jembatan Kretek I (Jalan Parangtritis). Setelah itu, arus wisatawan ke selatan menuju TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) Parangtritis.

Selain melalui kedua jalur alternatif tersebut, para wisatawan juga bisa melalui Sempalan Pundong ke timur melewati Jembatan Soka. Kemudian diarahkan ke wilayah Gunung Puyuh yang selanjutnya masuk Jalan Parangtritis wilayah Kretek.

Sementara itu, untuk jalur kepulangan dari Pantai Parangtritis, arus kendaraan akan dialihkan melalui Jembatan Kretek II ke arah barat agar kendaraan yang keluar tidak bertemu dengan yang akan masuk.

“Jadi, dari Jembatan Kretek II ke barat melalui Simpang Tiga Pengklik, bisa lurus melalui Jalur Jalan Lintas Selatan [JJLS], maupun ke kanan melalui Jalan Samas dan Jalan Bantul,” paparnya.

Jeffry juga mengimbau para wisatawan agar tetap berhati-hati saat berkendara, patuhi aturan lalu lintas dan imbauan petugas.

Ia mengingatkan wisatawan tidak menggunakan jalur Cinomati sebagai jalur alternatif. Apalagi menggunakan jalur sekitar Cinomati yang lebih bahaya. “Hindari jalur Cinomati terutama para wisatawan, karena kondisi jalur yang rawan laka,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya