SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi menandatangani prasasti disaksikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat peresmian Jembatan Kretek II di Bantul, DIY, Jumat (2/6/2023). (Istimewa/Biro Pers Setpres/Rusman)

Solopos.com, BANTUL — Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Kretek II di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (2/6/2023).

Jembatan tersebut membentang di atas Sungai Opak dan menghubungkan Desa Tirtohargo dengan Desa Parangtritis di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Jembatan Kretek II yang berada di atas Sungai Opak ini memiliki panjang 556 meter dengan empat jalur ini dan dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dengan anggaran sebesar Rp364 miliar.

Jokowi mengatakan pembangunan ini menjadi bagian dari jalur lintas selatan. Di mana, di Provinsi Banten sudah selesai 100 persen, di Provinsi Jawa Barat sudah selesai 100 persen, di Jawa Tengah sudah selesai, dan di DIY kurang sedikit.

Di jalur lintas selatan DIY, pembangunannya kurang 14 kilometer. Sedangkan di Jawa Timur masih kurang sekitar 24 kilometer.

Rencananya, pembangunan tersebut akan dirampungkan tahun ini sehingga diharapkan terdapat tiga jalur di Pulau Jawa, yakni bagian selatan, tengah dan utara. Hal itu untuk mendukung kelancaran logistik dan daya saing produk produk yang semakin baik.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini Jembatan Kretek II di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, saya resmikan,” kata Presiden Jokowi di Jembatan Kretek II Bantul, Jumat seperti dikutip dari Antara, Jumat.

Presiden mengatakan dalam tujuh tahun ini pemerintah terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur baik berupa jalan tol, jembatan, bendungan, pelabuhan, bandara, dan infrastruktur lainnya.

“Ini untuk membantu masyarakat mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan daya saing, percepatan ekonomi di daerah, dan pemerataan pembangunan,” kata Kepala Negara.

Pemkab Bantul, DIY, menyebutkan Jembatan Kretek II yang diresmikan Presiden Joko Widodo, telah menjadi bangunan ikonik di kabupaten setempat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden yang hari ini meresmikan Jembatan Kretek II yang telah menjadi bangunan yang ikonik di Kabupaten Bantul,” kata Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih seusai menghadiri peresmian Jembatan Kretek II di Bantul.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya