SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tawon (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Seorang wanita paruh baya di Pedukuhan Bobung, Putat, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, diserang kawanan tawon gung saat sedang mencari rumput di ladang, Rabu (27/9/2023) siang. Karena serangan itu, wanita bernama Pariyah itu harus dirawat di rumah sakit.

Dukuh Bobung, Ari Iswanto, mengatakan hingga saat ini wanita berusia 50 tahun itu masih dirawat di rumah sakit. Pariyah dirawat di rumah sakit karena kondisinya kurang baik setelah disengat tawon gung.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

“Sekujur tubuhnya terkena sengatan. Beruntung kondisinya sudah mulai membaik,” katanya kepada wartawan, Kamis (28/9/2023).

Dia menjelaskan, peristiwa sengatan bermula saat Pariyah mencari rumput untuk pakan ternak di ladang tak jauh dari rumahnya. Tiba-tiba hinggap seekor tawon gung di leher sehingga bereaksi untuk mengusirnya.

Nahasnya, saat menghalau serangan tawin itu justru memicu kawanan taon yang lebih banyak untuk mendatangi wanita itu. Hingga akhirnya tawon gung itu pun menyengat tubuhnya. Atas kejadian ini, Pariyah berteriak meminta tolong hingga warga berdatangan ke lokasi.

“Warga menolong dengan mencabuti sengatan lebah ini. dikarenakan lebam-lebam akhirnya korban dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan pertolongan lanjutan,” katanya.

Dia menyampaikan sarang lebah di lokasi kejadian masih ada sehingga membahayakan warga yang beraktivitas di kawasan tersebut. Dia berharap sarang tawon itu bisa segera dievakuasi sehingga tidak menimbulkan korban lagi.

“Kami juga mengimbau kepada warga untuk tidak mendekati lokasi selama sarang tawon belum ditangani. Takutnya, nanti ada kroban tambahan karena sengatan lebah ini,” katanya.

Salah seorang petugas Pemadam Kebakaran Gunungkidul, Jarwan, mengaku belum mendapatkan informasi atau kabar terkait dengan peristiwa sengatan lebah di Patuk. Meski demikian, ia berharap kepada mayarakat untuk lebih berhati-hati pada saat beraktivitas guna menghindari risiko yang berbahaya.

“Harus berhati-hati dan waspada saat beraktivitas,” katanya.

Pihaknya siap mengevakuasi sarang lebah yang menyerang warga di Bobung, Patuk. Namun, hingga saat ini belum ada laporan terkait kejadian tersebut.

“Tapi belum ada laporan. Kalau sudah masuk, kami siap mengeksekusinya. Meski malam-malam pasti akan kami tangani agar tidak membahayakan warga,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Diserang Gerombolan Tawon, Warga Patuk Gunungkidul Dilarikan ke Rumah Sakit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya