SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) (Instagram/@adupi_indonesiaofficial)

Solopos.com, SLEMAN – Pengoperasian Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Minggir yang berlokasi di Kalurahan Sendangsari, Minggir, Kabupaten Sleman, belum bisa dilakukan. Hal ini karena jalan menuju lokasi TPST masih dalam proses pembangunan.

Lurah Sendangsari, afan Nur Hisan, mengatakan saat ini TPST Minggir belum dioperasikan. Dia tidak menampik untuk bangunan dan fasilitas pendukungnya sudah ada, namun masih terkendala akses menuju ke lokasi.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

“Jalannya belum ada. Informasinya sekarang sedang proses pembangunan menuju TPST,” kata Afan saat dihubungi, Senin (25/3/2024).

Afan menyampaikan pembangunan TPST Minggir tidak ada masalah karena fasilitas tersebut dinilai bisa menjadi salah satu upaya memberdayakan warga. Hal ini sudah ada kesepakatan dengan pengelola agar warga sekitar dilibatkan.

“Jadi tidak ada masalah dan malah bisa menjadi program pemberdayaan warga,” katanya.

Meski demikian, Afan meminta pada saat TPST benar-benar dioperasikan, janji untuk menekan timbulnya bau bisa ditepati.

“Dulu informasinya akan beroperasi Maret, tapi sekarang operasinya di April. Ya mudah-mudahan pengelolaan tersebut tidak menimbulkan bau yang bisa menganggu warga sekitar,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Epiphana Kristiyani, saat dikonfirmasi tidak menampik pengoperasian TPST Minggir molor dari target awal. Rencananya, fasilitas pengolahan sampah di sisi barat mulai beroperasi pada Maret ini, tapi melihat perkembangan belum bisa dilakukan.

“Mudah-mudahan April sudah bisa diujicoba untuk pengoperasian,” katanya.

Epi menuturkan molornya pengoperasian bukan masalah fasilitas. Pasalnya, baik bangungan maupun tiga modul mesin pengolahan sampah sudah terpasang semua.

“Masalahnya tinggal instalasi listrik yang belum terpasang dengan baik dan sekarang masih proses,” katanya.

Di sisi lain, akses ke TPST juga menjadi kendala. Sesuai dengan perencanaan akan membuat jalan baru dan untuk sekarang masih dalam proses pengerajaan.

“Baru dikerjakan dan akan segera dicor. Untuk Panjang jalan ke TPST sekitar satu kilometer,” katanya.

Ephi memastikan apabila pembangunan jalan serta pemasangan instalasi listrik sudah selesai, maka pengoperasian TPST Minggir bisa segera dilakukan.

“Tinggal dua ini karena seluruh fasilitas di TPST sudah siap. Kalau jalan dan listrik sudah selesai, maka bisa segera diujicoba pengoperasian,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pengoperasian TPST Minggir Molor dari Target Gara-Gara Masalah Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya