SOLOPOS.COM - Tiang pancang di kawasan Selokan Mataram untuk pembangunan tol Jogja Bawen. (Harian Jogja Gigih M. Hanafi)

Solopos.com, SLEMAN — Aliran air Selokan Mataram terpaksa ditutup setelah kejadian jebolnya tanggul pada Minggu (22/10/2023). Rencananya, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) akan kembali membuka aliran air di Selokan Mataram pada 1 November 2023.

Sebelumnya, aliran air Selokan Mataram telah dibuka lagi pada Sabtu (21/10/2023). Namun, sehari setelahnya aliran air ditutup lagi karena jebolnya tanggul Selokan Mataram di Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu dini hari.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWSSO, Antyarsa Ikana Dani, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD dan Pemerintah Kabupaten Sleman terkait penutupan aliran air tersebut. Adapun penyebab kebocoran tanggul, terindikasi karena retakan di dasar saluran.

Sejumlah warga juga mengungkapkan di titik tersebut pernah terjadi tanggul jebol pada tahun 1980-an.

“Penanganan retakan saat ini, panjangnya 7 meter dan kedalaman 1,5 meter,” tambah Antyarsa dalam keterangan resminya, Senin (23/10/2023).

Katim Urusan Pengendalian Pelaksanaan Irigasi dan Rawa BBWSSO, Vicky Arianti, menjelaskan desain penanganan bocoran dari jalan tol Jogja-Bawen akan di-review bersama dengan Tim Supervisi Peningkatan Jaringan Irigasi Daerah Irigasi Karangtalun.

“Dasaran lantai juga akan dibeton sesuai level saluran, adaptasi cagar budaya untuk fungsi pengamanan. Tanggul saluran juga akan dibeton, untuk pengamanan dan antisipasi ke depan, mengingat pernah terjadi bocor tanggul di tahun 80-an,” terang Vicky.

Lebih lanjut, BBWSSO akan menindaklanjuti sosialisasi terkait lokasi kolam-kolam ikan dan sempadan Selokan Mataram, sebab beberapa lokasi terindikasi melakukan pengambilan air dengan pipa di dinding saluran yang dapat memicu rembesan dan longsoran dinding saluran.

“BBWSSO mengimbau kepada masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian warisan budaya yang dicetuskan oleh Sri Sultan HB IX,” kata Vicky.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ditutup Akibat Tanggul Jebol, Selokan Mataram Akan Dibuka 1 November 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya