SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, JOGJA – Pemilihan kepala daerah serentak akan dilaksanakan pada November 2024. Partai politik saat ini tengah bersiap untuk menghadapi Pilkada 20224 tersebut. Salah satunya partai politik di Kota Jogja, sejumlah nama juga telah muncul untuk digadang-gadang sebagai calon wali kota Jogja.

Berdasarkan rekapitulasi hasil Pemilu 2024 tingkat Kota Jogja, partai politik yang meraih suara terbanyak adalah PDIP dengan 60.246 suara diikuti Gerindra 33.645 suara, PKS 30.824 suara, Golkar 24.104 suara dan PAN 21.146 suara. Dari lima besar itu baru Gerindra dan PAN yang sudah mengkonfirmasi jagoannya di Pilkada Jogja.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Ketua Gerindra Kota Jogja, Sinarbiyat Nujanat, mengatakan hasil Pemilu 2024 di Kota Jogja membuat percaya diri mengusung kader sendiri untuk ikut dalam kontestasi Pilkada serentak mendatang. Dengan duduk di peringkat dua perolehan suara terbanyak di Pemilu 2024 Kota Jogja, pihaknya menargetkan calon Wali Kota Jogja dari kadernya sendiri.

“Kalau nama tentu salah satu kandidat dari kami yakni Mas Budi Waljiman,” katanya, Sabtu (2/3/2024).

Sinarbiyat mengatakan, dalam waktu dekat akan berkomunikasi dengan partai politik lain untuk berkoordinasi dan berkomunikasi guna melihat sejauh mana respons mereka terhadap calon yang diusung itu. Setelah itu hasil tersebut akan dilaporkan ke Gerindra pusat untuk meminta persetujuan rekomendasi.

“Menurut kami beliau salah satu kader terbaik yang layak kita dorong maju, kebetulan juga suaranya di Pileg 2024 signifikan dan layak untuk ditampilkan dalam kontestasi Pilkada,” jelasnya.

Sekretaris PAN Kota Jogja, Rifki Listianto, mengatakan melihat hasil Pemilu 2024 pihaknya akan meninjau ulang target partainya yang sejak awal sudah mengusung Heroe Poerwadi sebagai calon Wali Kota Jogja.

Sebab, perolehan suara dan kursi PAN diperkirakan berkurang dibandingkan Pemilu 2019 lalu yakni turun dua kursi menjadi empat dari yang sebelumnya enam kursi.

“Kalau mau jadi calon Walikota Jogja sangat berat sekali dengan empat kursi, target kita kan sebenarnya delapan kursi agar bisa secara mandiri mencalonkan,” ujarnya.

Menurut Rifki, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi juga dengan partai lain untuk melihat peluang apakah partainya bisa mencalonkan Heroe Poerwadi sebagai calon Wali Kota Jogja atau tidak. Jika tidak memungkinkan pihaknya rela mengusung Heroe sebagai calon Wakil Wali Kota Jogja.

“Target calon Wali Kota Jogja akan dikaji ulang lagi karena kursi kita tinggal empat. Kita tetap usung kader sendiri tapi melihat situasi juga karena dinamikanya kan masih sangat cair sekali. Kalau kita maju nanti bisa sebagai wakil atau sebagai wali kota ya tetap kajian ulang,” katanya.

Sementara dua partai lainnya yakni PDIP dan PKS tampaknya masih melihat situasi dan perkembangan politik ke depannya dalam Pilkada serentak 2024.

Bendahara PKS Jogja Triyono Hari Kuncoro menyebutkan, partainya baru pekan depan melakukan koordinasi untuk membahas pelaksanaan Pilkada serentak.

“Pekan depan baru ada rapat dengan struktur setelah itu baru bisa memberikan pernyataan. Sampai sekarang belum ada informasi yang bisa kami berikan,” ujarnya.

 

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pilkada Jogja 2024: Gerindra Usung Budi Waljiman, PAN Jagokan Heroe Poerwadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya