SOLOPOS.COM - Suasana pembukaan Jiffina 2024 yang digelar di JEC pada 2-5 Maret 2024, Sabtu (2/4)3/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Solopos.com, BANTUL – Pameran kerajinan dan furnitur internasional atau Jogja International Furniture and Craft Fair (Jiffina) 2024 menargetkan transaksi senilai 21 juta USD dan 5.000 pembeli. Pameran ini digelar selama empat hari, mulai 2 Maret hingga 5 Maret 2024 di Jogja Expo Center (JEC).

Dalam penyelenggaraannya yang ke delapan kalinya itu Jiffina mengangkat tema The Eco Lifestyle Inspiring Forever. Tema ini dipilih sesuai dengan misi untuk ikut serta melestarikan lingkungan sebagai inspirasi dalam pengembangan industri furnitur dan kerajinan tanah air.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Presiden Direktur PT. Jiffina Internasional Perkasa, Yuli Sugianto, berharap Jiffina mampu mengangkat potensi UMKM lokal. Dengan demikian, UMKM lokal memperoleh akses untuk mendapatkan pembeli luar negeri dan berpeluang go internasional.

“Dalam setiap penyelenggaraannya Jiffina selalu memberikan fasilitas gratis kunjungan pabrik kepada pembeli. Ini untuk semakin meyakinkan bahwa produk yang dipamerkan di acara ini memang berkualitas,” katanya, Sabtu (2/3/2024).

Selain itu, penyelenggara Jiffina juga menyediakan fasilitas business matching di acara ini agar para pembeli dan penjual bisa saling bertransaksi di sebuah booth khusus. Kepada 40 pembeli juga diberikan voucer memginap semalam di hotel mitra mereka.

“Kemudian yang tak kalah menarik kita juga mendapat dukungan dari Pemda DIY berupa subsidi Rp5 juta, biaya kontainer bagi pengiriman ke luar negeri. Ini tentu menarik karena kita dapat respons positif dari pemerintah,” katanya.

Staf Ahli Gubernur DIY, Eti Kumalawati, menyebut berkembangnya sektor kerajinan dan furnitur harus pula diikuti dengan upaya pelestarian planet. “Pasar furnitur yang diprediksi semakin tumbuh, harusnya menjadi cerminan pergeseran jika masyarakat global kian berpikir terhadap kelestarian planetnya,” kata dia.

Jiffina yang bertujuan untuk menjembatani transaksi antara pembeli dan produsen sangat cocok memilih Jogja sebagai lokasi pameran. Selain lokasinya yang strategis dan akses langsung ke internasional, juga ada sejumlah sarana dan prasarana lengkap yang akan semakin mendukung penyelenggaraan acara ini.

“Jadikan potensi dan kekuatan yang kita miliki untuk mengembangkan sektor furniture. Kita berkomitmen pada sektor furniture dan kerajinan yang lebih besar ke depannya dengan tetap memperhatikan keberlanjutan, inovasi dan kreasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya