SOLOPOS.COM - Petugas saat mengambil sampel limbah di Pantai Krakal, Gunungkidul, Senin (9/10/2023). (Istimewa/DLH Gunungkidul)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Hasil uji laboratorium terkait dugaan pencemarang lingkungan di Pantai Krakal dan Pantai Slili di Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, telah keluar. Hasilnya diketahui kedua pantai tersebut memang mengalami pencemaran lingkungan atau tercemar senyawa BOD dan Fenol.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan hasil pengujian sampel air di Pantai Krakal dan Slili sudah keluar. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, ada pencemaran karena ditemukan senyawa kimia yang kadarnya sedikit melebihi ambang batas aman.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“Senyawanya ada BOD dan Fenol dan nilainya melebihi baku mutu,” kata Hary kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Meski demikian, ia enggan berspekulasi berkaitan dengan penyebab kematian biota laut yang sempat ditemukan pada saat terjadi pencemaran di kedua pantai.

BOD adalah kondisi oksigen yang dibutuhkan organisme untuk mengurai larutan organik rendah sehingga tidak memenuhi baku mutu. Adapun Fenol sifatnya asam dan melebihi ambang batas, namun tidak bisa dipastikan apakah penyebab kematian biota laut.

“Tingkat kepekatannya masih belum tinggi sehingga kami tidak mau berspekulasi apakah berpengaruh terhadap matinya biota laut di sana [Pantai Krakal dan Slili]. Yang jelas, memang ada material anorganik yang masuk, tapi untuk asal usulnya juga belum diketahui pasti,” atanya.

Menurut Hary, kondisi di kedua pantai yang sempat tercemar sudah kembali normal. Ia mengklaim selang tiga hari dari pencemaran, pihaknya terus melakukan pemantauan dan saat ini dipastikan kondisinya sudah kembali aman.

“Mudah-mudahan tidak terjadi pencemaran lagi,” katanya.

Kondisi pencemaran di Pantai Krakal dan Pantai Slili diketahui pada 7 Oktober 2023. Kondisi air laut pada waktu itu seperti bercampur dengan sisa oli.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Hasil Uji Lab Pencemaran di Pantai Krakal dan Slili Gunungkidul Keluar, Ini Penjelasan DLH

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya