SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah rusak akibat angin kencang /JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JOGJA — Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (9/3/2024) sore, menyebabkan 88 rumah warga mengalami kerusakan. Selain berdampak pada tempat hunian warga, bencana angin kencang itu juga membuat 94 pohon tumbang dan 1 orang terluka.

Berdasarkan data BPBD DIY, 88 rumah yang mengalami kerusakan itu tersebar di 39 kecamatan atau kapanewon di wilayah DIY. Perinciannya 14 kecamatan di Gunungkidul, 8 kecamatan di Kulonprogo, 4 kecamatan di Sleman, dan 13 kecamatan di Bantul.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Dampak hujan deras disertai angin kencang menimbulkan sejumlah kerusakan di Gunungkidul, Sleman, Bantul, dan Kulonprogo,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBP DIY, Noviar Rahmat, Sabtu.

Adapun dari sisi kerusakan, tercatat data sementara total ada 88 rumah dilaporkan rusak. Terdiri atas Gunungkidul 21 unit, Kulonprogo 23 unit, Sleman 6 unit dan Bantul ada 38 unit rumah rusak. Selain rumah rusak tersapu angini, BPBD DIY mendapati setidaknya ada 94 pohon tumbang yang berdampak pada terputusnya aliran listrik hingga akses jalan.

“Pohon tumbang ini dilaporkan di Gunungkidul ada 38 titik, Kulonprogo 37 titik, Sleman 13 titik dan Bantul ada 6 titik pohon tumbang,” katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun dilaporkan ada 1 warga di Bantul yang terluka. “Untuk wilayah terdampak hujan deras dan angin kencang ini total ada 221 titik, saat ini sudah terkondisikan terutama pohon tumbang yang menganggu akses jalan serta memutus aliran listrik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya