SOLOPOS.COM - Ilustrasi Masjid Jogokariyan. (sibakuljogja.jogjaprov.go.id)

Solopos.com, JOGJA — Indonesia merupakan slaah satu negara dengan penduduk yang menganut agama Islam terbanyak di dunia. Data dari Indonesia.go.id, jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia mencapai 207 juta orang atau sekitar 87,2 persen dari total penduduk.

Dengan jumlah penduduk muslim yang sebanyak itu, wajar ketika banyak sekali ada tempat ibadah berupa masjid maupun musala di berbagai wilayah di Indonesia. Tak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Data dari satudata.kemenag.go.id, jumlah pemeluk agama Islam di DI Yogyakarta sebanyak 3.415.882 orang. Berikut ini adalah daerah di Daerah Istimea Yogyakarta yang memiliki jumlah tempat ibadah umat Islam paling banyak menurut data dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

  1. KabupatenSleman

Kabupaten Sleman merupakan daerah yang memiliki masjid dan musala terbanyak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tahun 2022, Kabupaten Sleman memiliki tempat ibadah Muslim sebanyak 3.906 tempat. Terdiri dari 2.370 unit masjid dan 1.536 unit musala.

  1. KabupatenBantul

Kabupaten Bantul merupakan daerah kedua di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jumlah tempat ibadah Muslim terbanyak. Pada tahun 2022, Kabupaten Bantul tercatat memiliki 3.432 unit masjid dan musala. Terdiri dari 2.001 unit masjid dan 1.431 unit musala.

  1. KabupatenGunungkidul

Sedangkan urutan ketiga daerah yang memiliki jumlah masjid dan musala terbanyak di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kabupaten Gunungkidul. Jumlah tempat ibadah umat Muslim di Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2022 tercatat ada 3.094 unit. Terdiri dari 1.985 unit masjid dan 1.109 unit musala.

  1. KabupatenKulonprogo

Kabupaten Kulonprogo merupakan daerah keempat di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jumlah tempat ibadah Muslim terbanyak. Pada tahun 2022, Kabupaten Kulonprogo tercatat memiliki 2.417 unit masjid dan musala. Terdiri dari 1.211 unit masjid dan 1.206 unit musala.

  1. Kota Jogja

Kemudian urutan kelima daerah yang memiliki jumlah masjid dan musala terbanyak sekaligus paling sedikit di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kota Jogja. Jumlah tempat ibadah umat Muslim di Kota Jogja pada tahun 2022 tercatat ada 1.050 unit. Terdiri dari 540 unit masjid dan 510 unit musala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya