SOLOPOS.COM - Pengerjaan konstruksi tol Jogja-Bawen, Selasa (9/5/2023) - Istimewa/Humas JJB

Solopos.com, SLEMAN — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan pihak Keraton Jogja telah mengeluarkan izin atau palilah terkait penggunaan tanah berkarakteristik khusus untuk pembangunan jalan tol Jogja-Bawen. Sehingga proyek jalan tol ini bisa segera dikebut pekerjaannya.

Tanah karakteristik khusus yang akan dimanfaatkan untuk proyek tol Jogja-Bawen adalah tanah Kasultanan atau Sultan Ground. Pemanfaatan tanah ini harus dengan izin dari Keraton Jogja.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

“Bisa, namanya palilah [izin penggunaan tanah Kasultanan dari Keraton Jogja] toh, itu sudah, sudah ada. Kalau persentasenya [progres pembangunan] saya enggak update, belum updating tapi yang tol Jogja-Bawen saya kira jalan. Karena palilah itu sudah bisa, sudah keluar dan sudah bisa dikerjakan,” jelas dia saat mengunjungi Sleman, Rabu (21/6/2023).

Meski demikian, Basuki mengaku belum mengetahui secara detail aturan-aturan selanjutnya yang akan diterapkan dalam pemanfaatan tanag berkarakteristik khusus ini, khususnya untuk lahan tol Jogja-Bawen.

“Kalau menurut yang saya baca, kan tidak bisa diganti rugi. Beliau [sultan] tidak mengizinkan untuk diganti rugi, jadi dipakai aja. Kelihatannya iya, mungkin aturan-aturan selanjutnya detailnya saya belum tahu. [Sharing profit] mungkin nanti,” ungkapnya.

Mengenai progres pembangunan tol Jogja-Solo, Basuki menyampaikan proses pembangunannya terus berlangsung hingga kini. Pada 2024 ditargetkan pembangunan tol sudah sampai di Purwomartani.

“Kalau [tol] Jogja-Solo kan sampai 2024 sudah sampai Purwomartani. Jogja-Solo sudah mulai nanti 2024 selesai sampai Purwomartani,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Syukurlah Palilah Kraton Sudah Keluar, Pembangunan Tol Jogja-Bawen Siap Dikebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya