SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek perbaikan jalan. (Freepik.com).

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Jalan Jogja-Wonosari akan diperbaiki pada Agustus 2023. Potensi kemacetan kemungkinan terjadi di jalan utama dari Jogja menuju Gunungkidul itu. Pengguna jalan pun diimbau untuk mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji, mengatakan pihaknya telah mengetahui rencana perbaikan jalur utama Jogja-Wonosari. Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi dampak perbaikan jalan tersebut.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

“Jalan masih bisa dilalui, tapi dengan sistem buka tutup,” kata Bayu kepada wartawan, Jumat (4/8/2023).

Berdasarkan hasil koordinasi yang telah dilakukan, sudah ada upaya mengantisipasi kemacetan selama perbaikan berlangsung. Salah satunya dengan menyiapkan jalur alternatif untuk mengurangi kemacetan.

“Ini bukan melarang melintas di Jalan Jogja-Wonosari, tapi mengimbau untuk melintas melalui jalur lain yang lebih lancar,” katanya.

Dia menjelaskan imbauan ini dikhususkan bagi pengguna kendaraan pribadi. Masyarakat diminta menghindari jalan Jogja-Wonosari dengan memilih jalur alternatif di sisi selatan melalui jalur Playen-Dlingo atau Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

“Untuk alternatif di sisi utara masih akan dirapatkan karena jalur utara yang jadi alternatif di Nglanggeran-Sorogedug, Prambanan juga ada perbaikan. Guna kepastian jalur masih akan dirapatkan lagi,” katanya.

Menurut dia, untuk bus pariwisata masih bisa lewat di jalur Jogja-Wonosari. Sedangkan bagi kendaraan bermuatan berat diminta mencari jalur lain saat menuju Gunungkidul.

“Jalu alternatif Playen-Dlingo tidak disarkan karena terlalu ekstrem jalannya. Rute terbaik bisa lewat jalur Sambeng di Kapanewon Ngawen atau Semin. Untuk imbauan juga sudah dipasang spanduk di beberapa titik,” katanya.

Seorang pengguna jalan asal Playen, Yuwono, menyampaikan telah mengetahui informasi berkaitan dengan rencana perbaikan di jalan Jogja-Wonosari. Pengumuman terlihat dalam beberapa spanduk yang dipasang untuk pemberitahuan agar mencari rute alternatif selama perbaikan berlangsung.

Hanya saja, ia mengakui hingga sekarang proses perbaikan belum dijalankan.

“Infonya mulai Agustus, tapi sampai saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan dilakukan. Kondisi jalan sekarang masih lancar,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ada Perbaikan Jalan Jogja-Wonosari, Kendaraan Pribadi Diminta Melewati Jalur Alternatif, Ini Lokasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya