SOLOPOS.COM - Logo KPU. (Instagram-@kpujateng)

Solopos.com, GUNUNGKIDULKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menerima logistik berupa bilik suara sebanyak 10.836 lembar untuk Pemilu 2024.

Kebutuhan bilik suara disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 2.709 lokasi di seluruh Gunungkidul. Di mana, masing-masing TPS membutuhkan empat bilik suara.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

KPU Gunungkidul telah menerima bilik suara pada Jumat (27/10/2023). Selanjutnya, bilik suara yang datang itu langsung disimpan di gudang KPU Gunungkidul. Selain menyiapkan gudang di kantor KPU, penyelenggara Pemilu di Gunungkidul ini juga menyiapkan gudang di Kapanewon Playen dan Semanu.

Guna mengurangi potensi kerusakan juga sudah dilaksanakan berbagai antisipasi. Pada saat penyimpanan, dilapisi dengan kayu palet dan plastik sehingga unit tidak langsung menyentuh ke lantai. Sebelum bilik suara datang, di gudang penyimpanan KPU juga disemprot dengan cairan antijamur.

Di awal November mendatang, rencananya datang kiriman lain berupa kotak suara dari pabrik yang jadi rekanan. Terkait pengamanan logistik, sudah ada tim dari personel Polres Gunungkidul yang berjaga di KPU Gunungkidul sejak satu pekan lalu.

“Kami juga memasang kamera closed circuit television (CCTV) untuk memudahkan dalam pengawasan,” kata Kasubag Keuangan Umum dan Logistik Sekretariat KPU Gunungkidul, Harry Prasetiyo, seperti dikutip dari Antara, Minggu (29/10/2023).

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri, mengatakan pengamanan pemilu berlangsung selama 222 hari. Pengamanan dimulai 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024.

Polres Gunungkidul siap mengamankan seluruh tahapan pelaksanaan pemilu. Komitmen itu sudah terlihat saat dilaksanakannya simulasi pengamanan serta apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata yang dilaksanakan di Lapangan Ksatriyan pada 7 Oktober 2023 lalu.

“Diharapkan semua pihak berpartisipasi dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024,” kata AKBP Edy.

Sumber: Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya